UMM Institutional Repository

Konstruksi Pemberitaan Media Massa " Kasus Skandal Bank Century " ( Analisis Framing Surat Kabar Jawa Pos dan Republika Edisi 9 Desember 2009 - 20 Desember 2009 )

Novarrianto, Bagus Budi (2011) Konstruksi Pemberitaan Media Massa " Kasus Skandal Bank Century " ( Analisis Framing Surat Kabar Jawa Pos dan Republika Edisi 9 Desember 2009 - 20 Desember 2009 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bagusbudin-24003-PENDAHUL-N.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bagusbudin-24003-BAB+1.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Kasus Bank Century merupakan kasus yang cukup mengemparkan, karena telah merugikan negara hingga 6,7 trilliun rupiah. Dugaan penyelewengan dana talangan berkembang secara beragam dan tidak terarah namun bermuara pada upaya mendiskreditkan Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Wakil Presiden Boediono. Situasi tersebut menimbulkan silang pendapat, kontroversi, dan persepsi yang sebenarnya belum teruji secara faktual. Peneliti tertarik untuk meneliti kasus skandal Bank century melalui pemberitaanya dalam media masa. Dalam konteks ini sebagai obyek penelitian adalah surat kabar Jawa Pos dan Republika. Adapun teori yang digunakan peneliti yaitu metode analisis framing Pan dan Kosicki. Pemilihan model analisis framing didasarkan bahwa metode Pan dan Kosicki lebih tepat dan lebih detail dalam menganalisis tiap bagian isi berita, dengan membagi struktur framing kedalam empat struktur analisis yang bersifat empiris dan operasional, yaitu struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris. Dalam pandangan kaum konstruksionis, berita yang kita baca pada dasarnya adalah hasil dari konstruksi kerja jurnalistik, bukan kaidah baku jurnalistk. Semua proses adalah konstruksi, mulai dari memilih fakta, sumber, pemakaian kata, gambar, sampai penyuntingan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk membedakan cara-cara atau ideologi media saat mengkonstruksi fakta. Analisis ini lebih mencermati strategi seleksi, penonjolan fakta kedalam berita agar lebih bermakna, lebih menarik, atau lebih diingat untuk menggiring interpretasi khalayak sesuai perspektif media. Kemudian hasilnya akan disajikan secara deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 8 berita. Masing - masing 4 berita dari harian Jawa Pos dan 8 berita dari media Republika dengan maksud agar bias membandingkan antara konstruksi media yang berbeda. Harian Jawa Pos dan Republika memiliki konstruksi yang berbeda dalam pembertitaanya mengenai kasus skandal Bank Century. Dari analisis framing Pan dan Kosicki dapat disimpulkan Jawa Pos lebih menonjolkan pihak Boediono dan Sri Mulyani sebagai pihak yang harus bertanggung jawab dalam kasus skandal Bank Century. Sehingga bisa dikatakan bahwa harian Jawa Pos lebih merugikan dalam pencitraan Boediono dan Sri Mulyani dalam kasus skandal Bank Century. Sedangkan pada pemberitaan harian Republika lebih menampilkan bagaimana proses penyidikan dan perkembangan dari kasus skandal Bank Century. Jawa Pos lebih banyak menggunakan metafora dan foto - foto sebagai kelengkapan berita yang menjelaskan keberpihakan terhadap pansus dan memojokan pihak Boediono dan Sri Mulyani. Sedangkan Republika lebih menggunakan struktur retoris pencitraan positif terhadap Boediono dan Sri Muyani sebagai saksi dalam keterkaitanya dengan kasus skandal Bank Century.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 02:15
Last Modified: 18 May 2016 02:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30282

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo