UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN ISI PESAN PENDIDIKAN DALAM RUBRIK PRASASTI (Analisis Isi Pada Harian Kompas Edisi 4 Januari - 4 Februari 2010)

PRASMOKO, ENDWI MARTYAN (2011) KECENDERUNGAN ISI PESAN PENDIDIKAN DALAM RUBRIK PRASASTI (Analisis Isi Pada Harian Kompas Edisi 4 Januari - 4 Februari 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-endwimarty-24006-PENDAHUL-N.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-endwimarty-24006-BAB+I.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Isi rubrik ini berusaha menyampaikan isi pesan yang ditujukan kepada pihak-pihak tertentu. Dengan menganalisa isi pesan yang ada pada rubrik Prasasti maka akan berguna untuk memperoleh keterangan dari isi komunikasi yang di sampaikan, sehingga penulis tertarik untuk mengulas kecenderungan isi pesan pendidikan dalam rubrik Prasasti dengan menggunakan pendekatan analisis isi. Media merupakan sebuah lembaga dimana kegiatan yang mereka kerjakan selalu berhubungan dengan bagaimana mengkonstruksi sebuah berita untuk disampaikan kepada khalayak Salah satu unsur komunikasi yang perlu dibahas lebih mendalam dalam penelitian ini adalah unsur pesan. Proses penyampaian pesan merupakan salah satu indikator bagi keberhasilan aktivitas komunikasi. Kecenderungan yang dimaksudkan penulis bermakna kecondongan isi pesan pendidikan ke arah tertentu. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis isi dengan tipe penelitian deskriptif. Ruang lingkup penelitian penulis adalah rubrik Prasasti. Unit analisis adalah berupa kalimat yang mengandung unsur kategori. Sedangkan satuan ukur penulis adalah frekuensi kemunculan kategori berdasarkan kalimat dalam rubrik prasasti sesuai dengan kategorisasi yang ditetapkan penulis. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Dari 24 artikel yang ada, isi pesan pendidikan yang paling banyak muncul adalah terkait sasaran pendidikan. Kategori Sasaran muncul paling banyak dari 2 kategorisasi yang telah dianalisis yaitu dengan total persentase sebesar 33%, dibandingkan dengan kategori tema yang memiliki total persentase 11%, dengan mengikuti perbandingan antara jumlah kalimat yang dianalisis. Sub-kategori lembaga pemerintah paling mendominasi, dimana bila membandingkan dengan jumlah artikel rubrik Prasasti yang dianalisis, yaitu terdapat frekuensi 54%. Ini menunjukkan ketidakpuasan publik dengan pelayanan yang telah mereka dapatkan. Dalam hal ini peneliti menyampaikan saran kepada lembaga pemerintah yang membidangi pendidikan, yaitu Dinas Pendidikan agar lebih memperhatikan pelayanan publik terkait kebutuhan pendidikan, karena artikel yang dimuat di rubrik tersebut banyak menunjukkan ketidakpuasan publik terhadap kinerja Pemerintah. Lembaga Pemerintah juga dapat berkaca lewat berbagai artikel yang membahas kinerja mereka di berbagai media sebagai sarana memperbaiki diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 02:05
Last Modified: 18 May 2016 02:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo