UMM Institutional Repository

SISTEM PENILAIAN KELAS DAN PROGRAM TINDAK LANJUT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 13 NEGERI MALANG

FURQONI, DIANA ANIS (2013) SISTEM PENILAIAN KELAS DAN PROGRAM TINDAK LANJUT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 13 NEGERI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianaanisf-31251-1-pendahul-n.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianaanisf-31251-2-babi.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum yang cocok dan memilih metode penilaian yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya meningkatkan pendidikan dapat ditempuh melalui kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Keduanya saling terkait, sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang baik. Kualitas pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil penilaiannya. Oleh karena itu, sistem penilaian yang baik akan membantu pendidik untuk menentukan strategi mengajar yang baik dan memotivasi peserta didik untuk belajar lebih baik lagi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip, strategi, ragam atau metode penilaian kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan program tindak lanjut hasil penilaian pada pembelajaran PAI di SMPN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti hanya sebagai pengamat saja. Lokasi penelitian di SMPN 13 Malang. sedangkan sumber data dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder.dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru PAI dan waka kurikulum SMPN 13 Malang. Dari penelitian diketahui bahwa (1). Prinsip penilaian kelas mengacu pada tujuan yaitu mengacu kemampuan (menyeluruh) pkomoriknya kalaupun ada murid yang sampek kognitifnya jelek tetapi aspek psikomoriknya bagus hal ini akan menjadi pertimbangan para guru SMP Negeri 13 Malang untuk menaikkan ke kelas selanjutnya. menggali informasi, didaktis, peta perkembangan dan berkelanjutan. (2). Strateginya menyesuaikan materi yang beliau ajarkan kepada peserta didik spt: model JI, Model stand, metode ceramah, model Jigsaw dln. (3). Ragam atau metode penilaian kelas spt: tes tulis, portofolio, kinerja, hasil kerja, penilaian sikap dan penilaian diri. (4). Program tindak lanjut dari hasil penilaian adalah para guru SMPN 13 Malang melihat problem yang dihadapi peserta didik. Kalau problem itu mengarah pada bentuk karakter siswa dan benar-benar melihat kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Jika siswa benar-benar kesulitan dalam belajar nilainya dibawah standar nilai minimal maka guru melakukan (remidial tes) sampai nilainya mencapai nilai maksimal. jika problem datang dari luar sekolah maka guru SMPN 13 Malang memanggil wali murid ke sekolah untuk berunding mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 10:30
Last Modified: 17 May 2016 10:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30271

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo