UMM Institutional Repository

PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (Studi Tentang Pendidikan Shalat Untuk Anak Usia 7-10 tahun)

HARIROH, ANISA (2013) PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (Studi Tentang Pendidikan Shalat Untuk Anak Usia 7-10 tahun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisaharir-31253-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisaharir-31253-2-babi.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pendidikan anak merupakan hal penting dan menarik yang tidak pernah akan kehilangan makna, selalu menjadi kebutuhan, selama kehidupan masih eksis. Anak merupakan eksistensi kehidupan, secara individu bagi kepentingan sebuah keluarga, maupun secara universal bagi kepentingan kelestarian umat di muka bumi. Suatu negeri dikatakan maju jika berhasil dalam melakukan pendidikan anak. Pendidikan Shalat merupakan bagian dari aspek pendidikan anak. Shalat merupakan tiang agama dan dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Penelitian pendidikan shalat ini bertujuan untuk mengetahui perintah shalat anak usia 7-10 tahun. Dan Mengetahui cara mendidik shalat anak usia 7-10 tahun. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang dapat diperoleh dari perpustakaan atau dari sumber buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Sumber primer penelitian adalah kitab fathul muÂ’in bab shalat dan maktabah syamila vol.2. sumber sekunder ialah buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan anak terutama buku mendidik anak bersama nabi, dan semua sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pendidikan shalat anak usia 7 tahun adalah yang paling efektif. Anak telah melewati semua fase perkembangan; 1) Perkembangan Intelektual, 2) Perkembangan Bahasa, 3) Perkembangan Sosial,4) Perkembangan Emosi, 5)Perkembangan Moral, 6) Perkembangan Penghayatan Keagamaan. Dipukul ketika usia 10 tahun, karena perkembangan akalnya telah berkembang pesat dan telah mampu menerima tugas-tugas berat seperti jihad. Cara terbaik mendidik anak shalat adalah dengan cara diperintah dengan sabar (metode nasihat), metode keteladanan, pembiasan terus menerus, metode pemberian hadiah dan hukuman. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah pendidikan dan metode harus dilakukan sesuai fase perkembangan anak, dilarang memukul anak (pendidikan dengan kekerasan) dalam menerapkan pendidikan walaupun dalam pendidikan shalat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 10:26
Last Modified: 17 May 2016 10:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo