UMM Institutional Repository

TINJAUAN TENTANG HUBUNGAN SEKS PRANIKAH MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

BAHAMIS, GHAZALI ABBAS (2012) TINJAUAN TENTANG HUBUNGAN SEKS PRANIKAH MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ghazaliabb-29672-2-babi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ghazaliabb-29672-1-pendahul-n.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: Hj. Komariah, SH. M.Si. M.Hum; Azhar Muttaqin, M.Ag. Gagasan untuk membahas seks pranikah dalam tinjauan Hukum Positif dan Hukum Islam, karena belakangan ini mulai banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Sebab hubungan seks pranikah ini dianggap merusak etika dan tidak sesuai dengan adat istiadat serta norma agama serta meresahkan masyarakat yang ada di Indonesia. Melalui skripsi ini penulis mencoba memberikan sumbangan pemikiran terhadap hukum positif Indonesia dan hukum Islam. Atas dasar tersebut maka penulis membuat skripsi dengan judul “Tinjauan Hubungan Seks Pranikah Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam”. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode yuridis normatif yaitu memusatkan penelitian pada sumber-sumber bahan hukum sekunder (penelitian kepustakaan), kemudian penulis menggunakan metode induktif yaitu dengan mengemukakan kenyataan yang bersifat fan dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum, serta penulis menggunakan metode komparatif sebagai bentuk perbandingan dalam menentukan pembahasan dalam skripsi ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, seks pranikah memang perlu untuk dianalisa kembali, dalamUndang-undang Indonesia yang secara tegas, memberi hukuman kepada para pelakunya. Karena perbuatan zina tidak hanya dianggap keji dalam hukum Islam namun juga sangat meresahkan masyarakat. Perbuatan ini dapat merusak norma agama, adat istiadat serta budaya yang ada pada bangsa ini. Hubungan seks pranikah ini memang penyakit sosial yang kemudian akan gampang sekali menyebarnya apabila tidak ada aturan yang tegas untuk menindak para pelakunya. Oleh sebab itu penulis berharap pemerintah dapat mengimplementasikan aturan yang sudah dipersiapkan dengan unsur nilai, keadilan dan kepastian hukum yang diakomodir dalam bentuk hukum yang baik dalam usaha pembaharuan hukum pidana nasional sebagai cermin kepribadian bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 10:23
Last Modified: 17 May 2016 10:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo