UMM Institutional Repository

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK TERHADAP ORANG TUA PERSPEKTIF AL-QURAN

Sholihah, Rahmah Farihatus (2012) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK TERHADAP ORANG TUA PERSPEKTIF AL-QURAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmahfari-29309-1-pendahul-n.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmahfari-29309-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan sumber utama dalam Islam, yaitu sebagai pedoman. Aturan-aturan dalam kehidupan manusia sudah dicantumkan dalam al-Quran. Salah satu kandungan ayat yang terdapat dalam al-Quran adalah membahas mengenai akhlak anak terhadap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana al-Quran berbicara mengenai akhlak anak terhadap orang tua. Dalam kepenulisan ini penulis menggunakan penelitian studi pustaka dan menggunakan pendekatan kualitatif. Ini bertujuan agar peneliti dapat dengan leluasa memperoleh keterangan yang lebih luas dan mendalam mengenai hal-hal yang menjadi pokok pembahasan yang harus diketemukan jawabannya. Sumber data terdiri dari data primer dan data skunder. Data primer berupa al-Quranul Karim, tafsir kontemporer seperti al-Mishbah, al-Azhar dan Hadist. Sedangkan data sekunder adalah berupa buku-buku, majalah, internet yang langsung berkenaan dengan pendidikan akhlak anak kepada orang tua. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak memiliki kewajiban penuh terhadap orang tuanya baik masih ada di dunia maupun ketika orang tua telah wafat. Baik orang tua sepaham maupun tidak sepaham atau bahkan kafir. Pemenuhan kewajiban-kewajiban anak terhadap orang tuanya mulai dari taat kepada orang tua, memelihara dan memberikan nafkah, berbuat baik, berkata lemah lembut dan tidak menyinggung, tidak sombong dan mendoakan mereka. Terdapat pula larangan bagi anak, anatara lain durhaka kepada orang tua seperti tidak mentaati perintah orang tua, tidak memberikan nafkah aya menyia-nyiakan mereka, berkata kasar dan menyinggung perasaan orang tua, melupakan merekan dengan tidak mendoakan. Selain itu, anak memiliki hak untuk memilih dalam menjalani kehidupannya sendiri, orang tua yang memberikan pengarahan dan ajaran-ajaran sesuai agama Islam. Namun, orang tua juga hendaknya memperhatikan keinginan anak sehingga antara anak dan orang tua dapat terjalin hubungan yang baik. Agar anak dapat menjalankan kewajibannya dan menjauhi larangan-larangan serta dapat memutuskan pilihan yang tepat harus ada dukungan dari orang tua melalui pendidikan yang mumpuni sejak kecil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 10:23
Last Modified: 17 May 2016 10:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo