UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENETAPAN ASAL-USUL ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK LUAR KAWIN (Studi di Pengadilan Agama Kota Malang)

Nafi'ah, Siti (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENETAPAN ASAL-USUL ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK LUAR KAWIN (Studi di Pengadilan Agama Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sitinafiah-28148-2-babi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sitinafiah-28148-1-pendahul-n.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Hj. Komariah, SH. M.Si. M.Hum Pembimbing II : Azhar Muttaqin, M.Ag Fokus utama pembahasan skripsi ini adalah tentang ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENETAPAN ASAL-USUL ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK LUAR KAWIN dengan latar belakang bahwa anak luar kawin adalah anak yang hilang hak-hak keperdataannya, maka untuk mengembalikan hak-hak anak tersebut perlu dilakukan pengakuan anak atau penetapan asal-usul anak di Pengadilan Agama. Penelitian ini berusaha mengungkap terlebih dahulu bagaimana praktek permohonan penetapan asal-usul anak di Pengadilan Agama Kota Malang, dan baru kemudian diuraikan tentang analisa yuridis sosiologis tentang penetapan asal-usul anak sebagai upaya perlindungan hukum untuk anak luar kawin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui studi kepustakaan dan wawancara. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu bahwa dalam praktek permohonan penetapan asal-usul anak di Pengadilan Agama tidak menggunakan akta kelahiran sebagai syarat utama yang harus diajuakan sebagai bukti, akan tetapi hakim melakukan pemeriksaan yang teliti terhadap bukti-bukti yang memenuhi syarat. Ini disebabkan bahwa penetapan asal-usul anak ini dilakukan untuk dapat membuat akta kelahiran anak di catatan sipil karena anak tersebut adalah anak luar kawin hasil kawin sirri. Kemudian ditemukan pula bahwa ternyata penetapan asal-usul anak sebagai upaya perlindungan hukum terhadap anak luar kawin masih kurang efektif, ini terlihat bahwa dari 10 macam anak luar kawin hanya 1 macam anak luar kawin saja yang menjadi objek penetapan asal-usul anak, selain itu juga perkara permohonan penetapan asal-usul anak yang masuk setiap tahunnya hanya sedikit dibandingkan perkara lain. Maka perlu kiranya ada alternatif lain yang harus dilakukan untuk melindungi anak luar kawin ini selain juga harus ditambah regulasi yang lebih jelas dan lengkap tentang penetapan asal-usul anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 10:21
Last Modified: 18 Jan 2018 06:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo