UMM Institutional Repository

INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) (Studi di SMP Negeri 13 Kota Malang)

AZAR, RIFA'I (2012) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) (Studi di SMP Negeri 13 Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rifaiazar0-29305-2-babi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rifaiazar0-29305-1-pendahul-n.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Masalah pengetahuan agama Islam dikalangan pelajar sekarang ini menjadi suatu pembahasan penting bagi dunia pendidikan. Karena banyak siswa yang menunjukkan tingkah laku yang kurang terpuji seperti banyak siswa yang terlibat tawuran, melakukan tindakan kriminal, kekerasan, pencurian, penodongan, pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan yang tidak ada sekatnya lagi, penyimpangan seksual bahkan pengguna obat-obatan terlarang. Sehingga diperlukan adanya internalisasi nilai-nilai agama Islam yang memberikan pengaruh terhadap tingkah laku siswa melalui pelatihan atau bimbingan seperti kegiatan ekstrakurikuler Iman dan Taqwa yang ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Iman dan Taqwa dapat dijadikan sebagai solusi dalam membentuk pengetahuan siswa dalam bidang agama Islam. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ di SMP Negeri 13 kota Malang, dan untuk mendeskripsikan yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan, menuturkan, dan melukiskan data yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis dapatkan tentang proses internalisasi nilai-nilai agama Islam psda siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Iman dan Taqwa adalah dengan mengunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung menggunakan beberapa metode yaitu keteladanan, pembiasaan, pengawasan, nasehat, hukuman. Cara tidak langsung melalui belajar di kelas. Proses internalisasi nilai-nilai agama Islam di SMP Negeri 13 Kota Malang terdapat tahapan-tahapan yaitu pertama, tahap pemberian pengetahuan yaitu proses memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai yang baik dan buruk. Kedua, tahap pemahaman merupakan komunikasi dua arah bersifat interaksi timbal balik, Ketiga, tahap pembiasan merupakan proses membiasakan diri mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam, seperti shalat dhuhur berjamaah dan sebagainya. Keempat, transinternalisasi adalah menampilkan sosok kepribadian (mentalnya) bukan lagi sosok fisiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 10:21
Last Modified: 13 Mar 2018 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo