UMM Institutional Repository

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKHLAK DENGAN METODE JIGSAW DI KELAS VIII SMPN 18 MALANG

Hakim, A. Fahim Lukman (2012) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKHLAK DENGAN METODE JIGSAW DI KELAS VIII SMPN 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afahimlukm-28760-1-pendahul-n.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afahimlukm-28760-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengajarkan materi Akhlak yang menyelenggarakan pembelajarannya menggunakan metode jigsaw. Upaya-upaya yang dilakukan untuk memotivasi belajar siswa senantiasa dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode jigsaw dalam pembelajaran akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran akhlak bisa meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Malang dalam belajar akhlak melalui metode jigsaw. Selain itu, juga mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat penigkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Malang dalam belajar akhlak melalui metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI yang mengajar akhlak, serta siswa – siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Pemilihan SMPN 18 Malang sebagai lokasi penelitian karena pengalaman peneliti yang pernah menjalani Praktik Pengalaman Lapangan di sekolah terebut. Sekolah tersebut juga mempunyai beberapa kelebihan mulai dari prestasi dalam perlombaan baik tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. sekolah tersebut sudah menjadi salah satu sekolah bertaraf Internasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi lapangan. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI pada pembelajaran akhlak kelas VIII SMPN 18 Malang untuk menigkatkan motivasi siswa adalah dengan mengganti model pembelajaran jigsaw kelompok kecil dengan metode jigsaw kelompok besar. Selain itu, pemberian reward atau poin terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akhlak dengan metode jigsaw. Faktor yang pendorong peningkatan motivasi belajar dalam penggunaan metode jigsaw siswa di antaranya: berkurangnya rasa malu, pemberian reward dari guru, serta mulai tumbuhnya persaingan di antara siswa untuk mendapat nilai lebih. Sedangkan faktor penghambat siswa dalam peningkatan motivasi belajar dengan metode jigsaw di antaranya: jarangnya penerapan dengan metode jigsaw karena alokasi waktu yang ada sangatalah terbatas, pengoptimalan sarana yang ada juga dirasa kurang, perlunnya rasa percaya diri yang kuat terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 10:20
Last Modified: 17 May 2016 10:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30262

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo