UMM Institutional Repository

VIDEO SEBAGAI ALAT BUKTI PADA KASUS TUDUHAN PERZINAHAN (QADZF) DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

HAMZAH, MUCHAMMAD NASRUL (2013) VIDEO SEBAGAI ALAT BUKTI PADA KASUS TUDUHAN PERZINAHAN (QADZF) DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muchammadn-31115-2-babi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muchammadn-31115-1-pendahul-n.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbicara tentang bagaimana video dapat dijadikan sebagai alat bukti baik dari segi hukum positif maupun dari segi hukum Islam, hal ini dikaitkan dengan marak beredarnya video porno yang dilakukan oleh kalangan baik oleh kalangan pelajar sampai juga dikalangan publik figur, oleh karena itu dengan fenomena tersebut bagimana kedua hukum ini melihat video sebagai alat bukti. Pokok permasalahan dalam skripsi ini: Bagaimana posisi video sebagai alat bukti dalam perspektif hukum positif dan juga dalam hukum Islam? serta bagaimana kategori video yang adapat dijadikan alat bukti pada kasus tuduhan perzinahan ini? Sedangkan metode penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi data atau studi dokumenter yaitu dengan meneliti sejumlah kepustakaan (library research), dalam hal ini hendak diuraikan secara sistematis kemudian dianalisis.Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif, sebagai pendekatannya digunakan metode diskripstif kualitatif dan komparatif. Hasil dan Pembahasan: Setelah langkah-langkah metodologi dilakukan, bahwa hukum positif setelah hadirnya UU No 11 Tahun 2008 telah memasukkan video sebagai alat bukti dan juga dikaitkan dengan KUHAP juga video mengalami perluasan alat bukti, begitu juga ditinjau dari hukum Islam video juga bisa dijadikan alat bukti, namun dalam hukum Islam kategori video harus ada materi perzinahan yang detail sedangkan dalam hukum positif tidak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 10:15
Last Modified: 17 May 2016 10:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30258

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo