UMM Institutional Repository

PENYEBAB PEMBATALAN PERKAWINAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DI PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG

ISMAIL, (2012) PENYEBAB PEMBATALAN PERKAWINAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DI PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismail0712-29629-2-bab1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismail0712-29629-1-pendahul-n.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Drs. Muhammad Sarif, M.Ag Pembimbing II: Drs. Fathor Rahim, M.Ag Disadari atau tidak, sampai saat ini banyaknya permasalahan yang tumbuh kembang secara cepat seiring dengan pertumbuhan zaman, tak terkecuali dalam permasalahan rumah tangga, salah satunya adalah permasalahan perkawinan yang fasakh (batal) sebab tidak terpenuhinya syarat dan rukun perkawinan. Oleh karena itu, dibuatlah aturan-aturan perkawinan yang secara garis besar termuat di dalam rukun dan syarat-syaratnya merupakan pagar yang membatasi setiap orang untuk melakukan perkawinan terlarang, salah satunya dengan memalsukan identitas diri. Kemudian, dalam skripsi tersebut yang berjudul penyebab pembatalan perkawinan dan dampak hukumnya, mengarahkan studi pada dua permasalahan yaitu penyebab dan dampak hukum pembatalan perkawinan. dan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yang menjadikan para hakim serta para pihak yang berperkara sebagai subjek penelitian. Dengan demikian, diharapakan dapat menjawab permasalahan tersebut. Dengan rampungnya karya ini, maka dapat disimpulkan mengenai keputusan Majelis Hakim di Pengadilan Agama Kota Malang. Yang memutuskan perkara pembatalan perkawinan dalam hal pemalsuan identitas diri, telah sesuai dengan aturan perkawinan pasal 71 Kompilasi Hukum Islam, bahwa perkawinan dapat dibatalkan apabila para pihak tidak memenuhi syarat-rukun perkawinan yang ditentukan Undang-undang perkawinan. Pembatalan perkawinan diajukan ke Pengadilan dengan alasan ada syarat-sayarat yang tidak dipenuhi dengan proses dan tata caranya sama seperti dalam tata cara gugatan perceraian. Kemudian setelah keputusan Hakim berkekuatan hukum maka pembatalan perkawinan tidak berlakus surut terhadap harta, status anak, dan status perkawinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 09:52
Last Modified: 17 May 2016 09:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo