SUHARINA, (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN SKI (Studi Pada Kelas VII MTs. Surya Buana Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummb--suharina07-28147-1-pendahul-n.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummb--suharina07-28147-2-babi.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya berita yang berkembang di masyarakat bahwa ada sebuah sekolah Islam yang memiliki tata kelola pendidikan yang baik. Sebuah sekolah yang dinilai baik oleh masyarakat tentu memiliki desain pembelajaran yang baik. Atas dasar inilah kemudian penelitian ini dilakukan di MTs. Surya Buana Malang. Dua pertanyaan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Surya Buana Malang? Apa saja faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran SKI di kelas VII MTs Surya Buana Malang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi KTSP di MTs. Surya Buana Malang. Selain itu, penelitian ini juga akan mendeskripsikan apa saja faktor pendorong dan penghambat implementasi KTSP di MTs. Surya Buana Malang. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa MTs. Surya Buana telah mengimplementasikan KTSP dengan baik, walaupun derajat implementasi KTSP belum mencapai 100%. Faktor yang mendorong implementasi KTSP di sekolah tersebut adalah kerja sama dan pemahaman yang baik dari para guru terhadap KTSP. Sedangkan faktor yang masih menjadi kendala yakni belum adanya penghargaan dari sekolah untuk guru yang berprestasi dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut, saran dari peneliti adalah hendaknya sekolah lebih meningkatkan lagi gairah para guru dalam mengimplementasikan KTSP dalam pembelajaran. Para guru hendaknya dapat bersaing secara sehat dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran berdasar KTSP.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | Mrs Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 17 May 2016 09:44 |
Last Modified: | 17 May 2016 09:44 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |