UMM Institutional Repository

HUKUM WARIS ISLAM DI MATA TOKOH MUHAMMADIYAH KABUPATEN MALANG

ANDRIYANI, FIKA (2012) HUKUM WARIS ISLAM DI MATA TOKOH MUHAMMADIYAH KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikaandriy-30530-2-babi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikaandriy-30530-1-pendahul-n.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan tokoh Muhammadiyah Kabupaten Malang terhadap implementasi hukum waris Islam. Sehingga dari hal ini akan tercermin sejauh mana masyarakat melaksanakan hukum waris Islam. Karena tokoh dalam hal ini adalah imam bagi masyarakat sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan yang subyek penelitiannya adalah delapan tokoh Muhammadiyah Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung terhadap para tokoh Muhammadiyah. Alasan pemilihan tokoh Muhammadiyah Kaupaten Malang karena Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia khususnya di Jawa. Oleh karena itu, peneliti mengambil sampel tokoh Muhammadiyah sebagai narasumber. Sedangkan analisisnya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tidak semua tokoh Muhammadiyah Kabupaten Malang memahami hukum waris Islam terutama dari segi implementasinya; 2. Sebagian tokoh Muhammadiyah Kabupaten Malang memandang bahwa penerapan hukum waris Islam tidak mutlak harus dilaksanakan; 3. Pengetahuan sebagian tokoh tentang hukum waris ternyata masih dipengaruhi oleh hukum waris adat sehingga terkesan ada dualisme hukum yang dipakai acuan para tokoh tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 09:21
Last Modified: 17 May 2016 09:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30245

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo