UMM Institutional Repository

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAQUL KARIMAH PADA ANAK DI PAUD ISLAM TERPADU GRIYA ANANDA TEGALGONDO MALANG

LAILI, HUSWATUL (2012) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAQUL KARIMAH PADA ANAK DI PAUD ISLAM TERPADU GRIYA ANANDA TEGALGONDO MALANG. Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-huswatulla-28509-1-pendahul-n.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-huswatulla-28509-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru di PAUD Islam Terpadu Griya Ananda Tegalgondo Malang dalam penanaman akhlaqul karimah anak didik serta mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat upaya guru dalam menanamkan akhlaqul karimah pada anak di PAUD Islam Terpadu Griya Ananda Tegalgondo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan lokasi penelitian di PAUD Islam Terpadu Griya Ananda Tegalgondo Malang. Pemilihan lokasi di PAUD Islam Terpadu Griya Ananda Tegalgondo Malang karena mempunyai beberapa keunggulan sehingga PAUD ini menjadi pilihan utama orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di PAUD ini. Beberapa keunggulan yang dimiliki PAUD Islam Terpadu Griya Ananda Tegalgondo Malang antara lain: pertama, pengembangan nilai-nilai akhlaq yang dikemas dalam bentuk permainan fisik, outbond yang dilakukan untuk memberikan pengalaman berbasis alam yang akan membuat anak dapat berinteraksi dengan alam secara langsung yang seru dan menegangkan. Kedua, lulusan dari PAUD ini memiliki kepribadian yang positif dan sesuai nilai-nilai Islami, rasa percaya diri, disiplin dan kemandirian sesuai dengan usia anak. Ketiga, lulusan dari PAUD ini dinilai berkualitas sehingga siswa lulusan dari PAUD ini dengan mudah dapat diterima di sekolah favorit. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan model interaktif yang meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: 1. Upaya guru dalam menanamkan akhlaqul karimah pada peserta didik yaitu dengan memberikan materi-materi keislaman yang dikenalkan secara sederhana dengan menggunakan metode-metode sesuai dengan kondisi peserta didik, dan pembiasaan perilaku yang baik di lingkungan sekolah. 2. faktor yang mendorong upaya guru dalam menanamkan akhlaqul karimah pada anak di antaranya: dari segi keadaan siswa yang keseluruhannya beragama Islam, adanya hubungan baik antara guru dan wali murid, sikap sopan santun dan ketelatenan serta kesabaran guru dalam mendidik peserta didik, sarana dan prasarana yang cukup baik. Faktor penghambat guru dalam menanamkan akhlaqul karimah pada anak yaitu, adanya rasa perasaan takut dan kurang percaya diri dalam diri anak, siswa yang sering tidak masuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 May 2016 09:20
Last Modified: 17 May 2016 09:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo