UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA ORANGTUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL

Royani, Ratri Febryana (2013) HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA ORANGTUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratrifebry-31040-1-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masa anak-anak adalah masa yang sangat penting, karena semua hal yang terjadi pada masa itu akan menentukan kepribadian seseorang. Keluarga menjadi lingkungan pertama yang ditemui oleh anak dan kelekatan anak pada orangtuanya merupakan cara pertama anak berinteraksi. Apabila anak memiliki kelekatan yang aman dengan orangtuanya, maka anak akan memiliki kecerdasan emosional yang baik sehingga ia mampu mengelola dan mengendalikan emosi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelekatan anak pada orangtua dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, subjek dari penelitian ini berjumlah 60 orang dengan usia 4-5 tahun (siswa TK A). Analisa korelasi dengan menggunakan product moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rxy=0,522 dengan nilai p= 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kelekatan anak pada orangtua dengan kecerdasan emosional. Sehingga dapat diartikan semakin tinggi kelekatan anak pada orangtua maka semakin tinggi kecerdasan emosional. Apabila kelekatan anak pada orangtua rendah maka kecerdasan emosional pada anak juga rendah. Hasil penelitian ini sama dengan penelitian yang dilakukan oleh Hamarta, Deniz & Saltali (2009) di Turki, hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kelekatan yang aman dan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 08:12
Last Modified: 17 May 2016 08:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30225

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo