UMM Institutional Repository

PROSES PENERIMAAN DIRI KAKAK TERHADAP HADIRNYA ANGGOTA KELUARGA BARU (ADIK)

Suviana, Anita Erie (2013) PROSES PENERIMAAN DIRI KAKAK TERHADAP HADIRNYA ANGGOTA KELUARGA BARU (ADIK). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitaeries-31244-2-bab1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitaeries-31244-1-pendahul-n.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: Dra. Siti Suminarti F, M.Si, NiÂ’matuzahroh, S.Psi, M.Si Penerimaan diri dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengakui keterbatasan dan kelebihan yang ada dalam dirinya dengan apa adanya, tidak merasa terpuruk dengan keterbatasan dan kelemahan yang dimilikinya serta berupaya untuk melakukan perubahan dan perbaikan demi kemajuan yang lebih baik pada dirinya. Penerimaan diri pada anggota keluarga baru bagi sebagian anak merupakan hal yang menyenangkan tetapi bagi sebagian anak lagi merupakan persaingan psikis untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tuanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu peneletian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah keluarga yang di dalamnya terdapat kakak dan adik yang memiliki selisih usia yang di teliti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap subjek kakak dan orangtua sebagai informan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penerimaan diri kakak ketika menghadapi kehadiran adik barunya dalam keluarganya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti pada keempat subjek, menunjukkan bahwa penerimaan diri kakak terhadap kehadiran anggota keluarga baru (adik) melalui beberapa tahapan. Di awali dengan muculnya tahapan penolakan, tahapan kemarahan, tahapan tawar-menawar, tahapan depresi, dan kemudian tahapan penerimaan diri. Dari kelima tahapan tersebut, tahapan bergaining (tawar-menawar) menjadi penentu apakah subjek kakak dapat menerima kehadiran adik atau subjek menunjukkan respon penolakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 08:11
Last Modified: 17 May 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30224

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo