UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Puspitasari, Ratna (2013) PERBEDAAN KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnapuspi-31250-2-babi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnapuspi-31250-1-pendahul-n.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : ( 1 ) Djudiah, ( 2 ) Tri Muji Ingarianti Sebuah komitmen itu sangat penting dimiliki oleh semua karyawan. Karena sangat pentingnya komitmen organisasi itu, sampai-sampai beberapa organisasi berani memasukkan unsur komitmen sebagai salah satu syarat untuk memegang suatu jabatan atau posisi yang ditawarkan dalam iklan-iklan lowongan kerja. Komitmen organisasi juga menjadi hal penting bagi sebuah organisasi dalam menciptakan kelangsungan hidup sebuah organisasi apapun bentuk organisasinya, karena komitmen menunjukkan hasrat karyawan sebuah perusahaan untuk tetap tinggal dan bekerja serta mengabdikan diri bagi perusahaan. Salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi komitmen adalah kepribadian individu itu sendiri, karena kepribadian itu akan mempengaruhi komitmen seseorang, dan itu akan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan komitmen organisasi ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dan sekaligus dalam penelitian in adalah seluruh karyawan Matahari Departement Store Cab. Pasar Besar Malang yang berjumlah 127 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala. Ada dua skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala tipe kepribadian dan skala komitmen organisasi. Adapun metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil analisa menunjukkan t = 2,141 ; p = 0,034 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara karyawan yang memiliki kepribadian tipe A dengan karyawan yang memiliki kepribadian tipe B. Dapat disimpulkan juga bahwa karyawan yang memiliki kepribadian tipe A (Xa = 68,86) memiliki komitmen organisasi yang lebih tinggi dibanding dengan karyawan yang memiliki kepribadian tipe B (Xb = 65,78).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 08:00
Last Modified: 17 May 2016 08:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo