UMM Institutional Repository

PENYESUAIAN DIRI PADA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Ishlah Malang)

Luria, Ninna Ebty (2012) PENYESUAIAN DIRI PADA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Ishlah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninnaebtyl-29324-2-babi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninnaebtyl-29324-1-pendahul-n.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Usia tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang dan ditandai dengan terjadinya perubahan fisik dan psikologis. Seseorang lanjut usia memutuskan untuk tinggal di panti jompo, ada alasan dan kondisi yang mempengaruhi, ada akibat ketika berada di panti jompo oleh karena itu, lanjut usia harus melakukan penyesuaian diri yang meliputi penyesuaian diri baik dan tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penyesuaian diri lanjut usia yang tinggal di panti jompo. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri yang baik ditunjukkan dengan sikap menerima terhadap kenyataan, kemampuan menghadapi stres dan kecemasan dengan tetap menggunakan fikiran yang rasional dan positif, citra diri yang positif dengan adanya perasaan berguna, mampu mengekspresikan perasaan dengan sikap hangat, dan memiliki hubungan interpersonal baik yang ditunjukkan dengan kemampuan mengembangkan hubungan yang sehat dan ramah. Sedangkan penyesuaian diri yang kurang baik ditunjukkan dengan sikap yang kurang menerima terhadap kenyataan dengan tidak menyadari kekuatan dan kelemahan yang terjadi pada tubuhnya, citra diri negatif dengan mengeluh terhadap perubahan penampilan fisik yang semakin memburuk, kemampuan mengekspresikan perasaan yang ditunjukkan dengan perasaan malu, hubungan interpersonal yang kurang baik namun pada aspek kemampuan mengatasi stres dan kecemasan ditunjukkan dengan sikap positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:38
Last Modified: 17 May 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo