UMM Institutional Repository

VIGILANCE DITINJAU DARI PERBEDAAN SHIFT KERJA

Diba, Frisca Vira (2012) VIGILANCE DITINJAU DARI PERBEDAAN SHIFT KERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-friscavira-29327-2-babi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-friscavira-29327-1-pendahul-n.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si (2) Yuni Nurhamida, S.Psi, M.Si. Banyaknya kecelakaan kerja sekarang ini diduga karena sistem giliran kerja atau shift kerja, terutama pada shift malam.Hal ini disebabkankarena bekerja pada shift malam mengakibatkan pola tidur yang tidak teratur sehingga menimbulkan gangguan ritme sirkadian, yang berdampakmenurunnya vigilancepara pegawai. Akibat menurunnya vigilance maka kinerja pegawai juga tidak optimal sehingga merugikan perusahaan. Adanya shift kerja yang berdampak pada vigilance ini aka nmenimbulkan perbedaan seperti hasil dan kinerja. Sehingga peneliti ingin mengetahui apakah ada perbedaan vigilance antara shift pagi dengan shift malam. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen repeated measure design. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan subyek penelitian sama, dan partisipan penelitian disini sebanyak 29 orang yang mana adalah siswa SMA Muhammadiyah Nganjuk, yang memiliki kriteria tidak buta warnadan insomnia dan ini dipilih menggunakan angket yang berisi tentang kriteria diatas. Penelitianya menggunakan game software, dan cara permainanya subyek merespon perubahan warna yang berada dalam game tersebut dengan menggunakan mouse, dan setiap anak di hadapkan pada 1 komputer. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan vigilance antara shift pagi dengan shift malam yang sangat sigifikan (sig = 0,008 < 0,01) ditinjau dari kelompok saat bermain game, dimana shift pagi mempunyai vigilance lebih tinggi (X ̅ = 22,17) dibanding dengan shift malam. (X ̅= 17,21).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:34
Last Modified: 17 May 2016 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo