UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (Studi pada Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dan yang Tinggal bersama Orang Tua)

Perdani, Delvi Irma Listya (2012) PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (Studi pada Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dan yang Tinggal bersama Orang Tua). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-delviirmal-29328-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-delviirmal-29328-1-pendahul-n.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Yudi Suharsono. S.Psi. M.Si. (2) Ari Firmanto. S.Psi. Perilaku prososial merupakan kesediaan seseorang untuk membantu orang lain, dan segala tindakan yang dilakukan secara sukarela yang menguntungkan orang lain tetapi tidak memiliki keuntungan yang jelas bagi pelakunya. Perilaku prososial mencakup tindakan seperti kerjasama, berbagi, menolong, menyumbang, kejujuran, serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain. Remaja tidak akan terlepas dari hubungan dan ikatan-ikatan sosial, mulai dari keluarga, teman, dan masyarakat lain dilingkungan sekitar yang terbentuk dalam kelompok sosial. Tempat tinggal merupakan lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan untuk tempat berteduh dan segala aktivitas didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial ditinjau dari tempat tinggal, yang didasarkan pada remaja yang tinggal di pondok pesantren dan yang tinggal bersama orang tua. Hipotesis penelitian adalah ada perbedaan perilaku prososial antara remaja yang tinggal di pondok dan yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelajar SMA yang berada didaerah Kepanjen yang berusia 15-18 tahun. Untuk pengambilan sampel peneliti mengambil dari satu kelas yang rata-rata siswanya berjumlah 20-30 siswa dari dua sekolah yang berbeda. Data keseluruhan didapat dari 74 remaja. dengan membagikan skala pada 37 remaja yang tinggal dipondok dan 37 remaja yang tinggal bersama orang tua. Berdasarkan hasil Penelitian diketahui bahwa ada perbedaan perilaku prososial (t = 3,026 dan p = 0,003) yang sangat signifikan ditinjau dari tempat tinggal. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan remaja yang tinggal dipondok pesantren mempunyai perilaku prososial yang lebih tinggi (x ̅ = 163,05) daripada remaja yang tinggal bersama orang tua mempunyai rata-rata (x ̅ = 153,78).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:33
Last Modified: 17 May 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo