UMM Institutional Repository

KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA

Azizah, Alfa Yaumil (2012) KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfayaumil-29333-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfayaumil-29333-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti Fasikhah, M.si (2) Ari Firmanto, S.psi. Mahasiswa sebagai dewasa awal berada dalam satu transisi dimana semakin tampak sifat orang dewasa yang diperlihatkan pada keputusan bekerja sambil kuliah. Mahasiswa yang bekerja tentu berbeda dengan mahasiswa yang rutinitasnya kuliah, karena mereka harus membagi waktu. Rutinitas sebagai mahasiswa membutuhkan kecerdasan yang baik intelektual maupun emosi. Alangkah baiknya apabila mahasiswa yang kuliah sambil bekerja ini juga memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi untuk menyongkong prestasi mahasiswa tersebut dalam dunia pendidikan maupun kerja. Kecerdasan emosi itu dapat dilihat dalam kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), membina hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Emosi yang sering berubah- ubah karena kondisi lingkungan dapat berpengaruh pada saat bekerja. Maka dari itu kecerdasan emosi sangat mempengaruhi bagi setiap orang. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosi pada mahasiswa yang bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil 50 mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang yang dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi, yaitu skala kecerdasan emosi berjumlah 50 item. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan T-score. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 27 mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosi tinggi dengan presentase sebesar 54% dan yang memiliki kecerdasan emosi rendah terdapat 23 mahasiswa dengan presentase 46%. Kecerdasan emosi yang tinggi dipengaruhi oleh motivasi diri yang tinggi dalam bekerjanya dengan presentase 64%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:21
Last Modified: 17 May 2016 07:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30206

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo