UMM Institutional Repository

HUBUNGAN “BURNOUT” DENGAN KOMITMEN PROFESI GURU DI KABUPATEN LUMAJANG

SURAYA, AIN ADIBAH (2012) HUBUNGAN “BURNOUT” DENGAN KOMITMEN PROFESI GURU DI KABUPATEN LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainadibahs-29392-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainadibahs-29392-1-pendahul-n.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : burnout, komitmen profesi guru Negara Indonesia berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya melalui pendidikan. Menyadari pentingnya peranan pendidikan tidak lepas akan peranan seorang guru. Sebagai pengajar sekaligus pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Tugas seorang guru tidak hanya sekedar mengajar namun harus mendidik dan membentuk karakter siswa/siswi menjadi generasi penerus bangsa di masa selanjutnya. Sehingga menjadi guru dituntut untuk sehat secara fisik maupun rohani agar dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. Tapi terkadang dengan banyaknya aktifitas, seorang guru mengalami kelelahan baik fisik, emosi, mental dan sikap, juga perasaan pencapaian diri yang rendah atau dalam istilah psikologi disebut burnout. Sebagai seorang guru haruslah memiliki suatu komitmen yang tinggi terhadap tugas keprofesiannya sebagai seorang guru. Jika seorang guru mengalami burnout yang tinggi, maka komitmen guru tersebut dalam menjalankan tugas keprofesiannya akan rendah, sebaliknya jika seorang guru tidak mengalami burnout maka komitmen profesi guru akan tinggi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan burnout dengan komitmen profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,. Sebagai variabel terikat adalah komitmen profesi guru dan variabel bebas adalah burnout. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara burnout dengan komitmen profesi guru. Subyek penelitian yang digunakan yaitu guru SMP di kabupaten Lumajang, total keseluruhan subyek sebanyak 50 subyek untuk penelitian. Penelitian ini menggunakan dua buah skala ukur, yaitu skala burnout yang terdiri dari 45 item dan skala komitmen profesi guru terdiri dari 36 item. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik product moment pearson yang dibantu dengan program komputer SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara burnout dengan komitmen profesi guru dengan nilai r = -0,637, (p) = 0,00. Artinya semakin tinggi burnout maka akan semakin rendah komitmen profesi guru dan sebaliknya, jika burnout rendah maka komitmen profesi guru akan semakin tinggi. Hasil penelitian juga di dapatkan nilai koefisien (r2) = 0,406, yang berarti variabel burnout memberikan sumbangan kepada variabel komitmen profesi guru sebesar 40,6% dan sisanya 59,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:15
Last Modified: 17 May 2016 07:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30202

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo