UMM Institutional Repository

PENGARUH STORYTELLING BERTEMA PROSOSIAL TERHADAP BYSTANDERS EFFECT PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 11-12 TAHUN

Sari, Dewi Kartika (2012) PENGARUH STORYTELLING BERTEMA PROSOSIAL TERHADAP BYSTANDERS EFFECT PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 11-12 TAHUN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewikartik-29394-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewikartik-29394-1-pendahul-n.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Yudi Suharsono, (2) Ari Firmanto Prososial adalah perilaku yang mempunyai konsekuensi positif bagi penerima bantuan. Perilaku prososial penting bagi anak ketika ada dalam lingkungan sosial. Ketika anak dapat menginternalisasikan nilai prososial dalam kehidupannya di masyarakat maka anak dapat diterima di lingkungan sosialnya, dapat menghindari penolakan dan celaan dari anggota kelompok sosialnya. Bystanders effect menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perilaku prososial tidak terjadi. Metode yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep perilaku saling menolong salah satunya adalah storytelling. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian storytelling bertema prososial terhadap bystanders effect pada anak usia sekolah dasar usia 11-12 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain eksperimen perlakuan ulang (one group pre and posttest design). Cara pengambilan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposif (purposive sampling) dengan usia 11-12 tahun dan kemampaun berpikir tahap analisa Hasil dari penelitian adalah tidak ada pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien uji perbedaan dengan teknik wilxocon matched pair p = 0,102 >ά = 0,05. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kemampuan berpikir subjek yang belum sampai pada permasalahan abstrak, meskipun empati sudah berkembang tapi tidak ikut merasakan langsung, pengorbanan yang harus dikeluarkan, hubungan kedekatan antara subjek dengan orang yang akan ditolong, serta munculnya history.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 May 2016 07:11
Last Modified: 17 May 2016 07:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30200

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo