UMM Institutional Repository

KARAKTERISASI FISIK, ASEPTABILITAS DAN PELEPASAN KLORFENIRAMIN MALEAT DALAM EMULGEL CMC Na (Konsentrasi Paraffin liquid sebagai Fase Minyak dalam Emulgel 5%, 7% dan 10%)

KAUTSAR, MEILYDA FRISA (2012) KARAKTERISASI FISIK, ASEPTABILITAS DAN PELEPASAN KLORFENIRAMIN MALEAT DALAM EMULGEL CMC Na (Konsentrasi Paraffin liquid sebagai Fase Minyak dalam Emulgel 5%, 7% dan 10%). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meilydafri-29613-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meilydafri-29613-2-bab1.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Pemberian klorfeniramin maleat (CTM) secara peroral menyebabkan efek sedatif, oleh karena itu dilakukan pendekatan dengan pembuatan sediaan semisolid topikal emulgel Klorfeniramin maleat CMC Na untuk mengurangi efek samping dari CTM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik fisik dan pelepasan Klorfeniramin maleat melalui membran selofan dengan konsentrasi paraffin liquid (5%, 7% dan 10%) dalam basis CMC Na. Evaluasi sediaan meliputi tipe emulgel, organoleptis, pH, daya sebar, viskositas, pelepasan Klorfeniramin maleat dari membran selofan dan aseptabilitas. Hasil pemeriksaan organoleptis didapatkan bahwa sediaan formula I, II memiliki tekstur agak kasar, tidak berbau, dan memiliki warna yang sama yaitu putih. Sementara Formula III memiliki tekstur kasar, tidak berbau dan warnanya putih. Dari analisis One-Way Anova diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk evaluasi pH, kekuatan menyebar, viskositas dan pelepasan maleat Klorfeniramin. Berdasarkan karakteristik fisik (organoleptis, pH, viskositas dan daya sebar) memberikan karakteristik yang baik dalam setiap Formula. Sementara berdasarkan aseptabilitas sediaan emulgel CTM basis Na CMC formula II dengan konsentrasi parafin cair 7% adalah yang terpilih, karena memberikan aseptabilitas yang baik.Berdasarkan daya pelepasan efektivitasnya formula III dengan konsentrasi paraffin liquid 10% adalah yang terbaik karena memiliki oklusifitas yang tinggi. Pada pelepasan CTM sediaan emulgel dengan konsentrasi yang berbeda dari parafin cair 5%, 7% dan 10% pada basis CMC Na tidak memberi efek pelepasan CTM melalui membran selofan. Kata kunci : Klorfeniramin maleat, emulgel, CMC Na, paraffin liquid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 17 May 2016 03:33
Last Modified: 17 May 2016 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo