UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG AKTIVITAS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) BRI SYARIAH DALAM MEMBANGUN PRODUCT IMAGE

Hawa, Intie (2011) STUDI TENTANG AKTIVITAS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) BRI SYARIAH DALAM MEMBANGUN PRODUCT IMAGE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-intiehawa0-24013-PENDAHUL-N.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-intiehawa0-24013-BAB+I.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena bank-bank kovensional yang merambah pada bisnis perbankan syariah, salah satunya adalah BRI yang muncul dengan nama BRISyariah. Maraknya bisnis perbankan syariah saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi BRISyariah dalam membangun citra produknya, sebagai pembeda dengan para kompetitornya, agar masyarakat mengetahui keberadaan BRISyariah dan mau mengggunakan produk-produknya. Maka dalam hal ini pembangunan product image (citra produk) menjadi hal yang sangat penting, dan hal ini tidak akan tercapai tanpa adanya komunikasi yang baik antar seluruh bagian. Maka dibutuhkan integrasi dari semua elemen komunikasi pemasaran dengan kesatuan pesan yang sama, dan konsep Integrated Marketing Communication bisa menjadi solusi bagi permasalahan ini. Integrated Marketing Communication merupakan konsep sederhana yang mengintegrasikan semua komunikasi, pesan-pesana beserta alat-alat yang terdapat di elemen komunikasi pemasaran seperti; advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), public relation, personal selling (penjualan tatap muka), dan direct marketing (pemasaran langsung) untuk bekerjasama dengan selaras dan harmonis dengan mengkombinasikan disiplin-disiplin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang maksimal sehingga terciptanya sebuah pesan yang tunggal dan mampu membantu konsumen untuk mengetahu tentang persahaan beserta produk-produknaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu melalui berbagai pertimbangan tertentu. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Hubermaan yang dilaksnakan langsung di lapangan secara bersama-sama dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifiksi ayang kemudian dijabarkan secara deskriptif mengenai aktivitas integrated marketing communication BRISyariah dalam membangun product image Hasil penelitian pada bagian pemasaran BRISyariah KCP. Kepanjen diketahui bahwa dalam upaya membangun citra produknya BRISyariah mengintegrasikan kelima bauran komunikasi pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan, public relation, personal selling dan direct marketing dengan konsistensi pesan yang sama yaitu murah dan mudah. Namun pada pelaksanaannyaaktivitas IMC yang dijalankan oleh BRISyariah KCP. Kepanjen belum berjalan seimbang dan masih menitikberatkan pada aktivitas personal selling saja. Upaya pembangunan product image ini juga disertai dengan perbaikan dan mutu pelayanan agar terjadi keselarasan antara pesan yang disampaikan dengan realita yang ada

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 03:11
Last Modified: 17 May 2016 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30189

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo