UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PT. AREMA INDONESIA

Romdania, Leny Zakia (2011) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PT. AREMA INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lenyzakiar-24014-PENDAHUL-N.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lenyzakiar-24014-BAB+I.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh Studi pada Media Officer PT. Arema Indonesia. Peneliti melakukan penelitian Bagaimana Manajemen Public Relations dalam Pengelolaan Media Sosial. Media Sosial menjadi alternatif media baru bagi Public Relations untuk menyambung hubungan positif Perusahaan dengan publiknya. Facebook, Twitter, YouTube, Blog, dan lainnya menjadi media baru yang digunakan oleh Public Relations dalam menjalin komunikasi dengan publiknya dengan terlibat dalam perbincangan (conversation) dan menciptakan buzzwords. Hal ini menuntut Media Officer PT. Arema Indonesia untuk melakukkan manajemen yang baik untuk menjalin Komunikasi dengan publiknya, yaitu Aremania. Manajemen Media Sosial dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang positif yaitu, membangun komunikasi dua-arah, terciptanya saling pengertian dan hubungan baik, sehingga berdampak pada citra Perusahaan. Dalam Proses Manajemen menurut Whelen dan Hunger, tercakup pengkajian lingkungan (enviromental scanning), perencanaan, implementasi, serta evaluasi. Proses Manajemen Strategis bersifat siklis, dan pada masing-masing tahapan memberikan masukan dari tahap sebelumnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada PT. Arema Indonesia pada tanggal 9 Juni -18 Juli 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui baaimana Manajemen Media Officer PT. Arema Indonesia dalam Pengelolaan Media Sosial. Informan dalam Penelitian ini adalah Sudarmaji, Media Officer PT. Arema Indonesia. Hasil Penelitian meunjukkan bahwa Dalam Pengelolaan Media Sosial, Media Officer PT. Arema Indonesia melakukan Manajemen Strategis. Manajemen dalam Pengelolaan Media Sosial diwali dengan Analisis Situasi (Enviromental Scanning), Perencanaan (Planning), Implementasi (Implementation), dan Kontrol atau Evaluasi (Evaluation). Media sosial yang digunakan dalam menyambung hubugan positif dengan Aremania adalah facebook dan twitter. Ada beberapa faktor pendukung sehingga Rencana dapat terealisasi dengan baik, diantaranya Sumber Daya Manusia dan sarana. Sedangkan Faktor penghambat diantaranya, kualitas Sumber Daya Manusia yang belum mumpuni, Sistem Komputerisasi yang terganggu, Kondisi Internal Perusahaan. Dalam membangun komunikasi dan upaya untuk meningkatkan citra positif perusahaan di Media Sosial, Media Officer PT. Arema Indonesia memberikan perhatian pada solusi terhadap faktor penghambat yang menyebabkan realisasi atas perencanaan tidak dapat berjalan maksimal. Selain itu, melengkapi Manajemen dengan pengetahuan tentang tools untuk mengukur keberhasilan yatu fb insight dan tweet level.com pada tahap evaluasi, shingga mendapatkan ukuran yang tepat apakah pemanfaatan facebook dan twitter efektif dan berdampak positif bagi Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 03:08
Last Modified: 17 May 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30188

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo