UMM Institutional Repository

PESAN KEMANUSIAAN DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta)

Chajah, Devi Siti (2011) PESAN KEMANUSIAAN DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-devisitich-24018-Pendahul-n.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-devisitich-24018-BAB+I.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perkembangan film di Indonesia yang mulai menunjukkan kualitasnya dalam menyampaikan pesan yang positif kepada masyarakat. Dari pesan yang bernilai positif itulah diharapkan masyarakat dapat mengambil sebuah pelajaran yang nantinya dapat berdampak positif juga bagi kehidupan antar manusia. Film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta merupakan film yang menggambarkan bagaimana kehidupan antar sesama manusia yang harmonis walaupun ada cinta yang berbeda agama, dalam film ini mereka saling menghormati antar sesamanya. Atas dasar itulah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah frekuensi kemanusiaan yang muncul pada film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Ruang lingkup penelitian ini adalah setiap scene yang terdapat dalam film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta dengan menggunakan kategori yang sesuai dengan pesan kemanusiaan. Dengan demikian maka dapat diperoleh jumlah frekuensi kemunculan scene yang menunjukkan pesan kemanusiaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategori kasih sayang dengan indikator perhatian memiliki frekuensi kemunculan sebanyak 24 kali, indikator tolong menolong sebanyak 4 kali, indikator pemberian nasehat sebanyak 4 kali, dan indikator memberikan apresiasi sebanyak 5 kali. Untuk kategori kebersamaan dengan indikator melakukan aktivitas bersama memiliki frekuensi kemunculan sebanyak 7 kali, indikator berbagi masalah sebanyak 11 kali, dan indikator saling bercanda sebanyak 6 kali. Frekuensi kemunculan adegan untuk kategori bertenggang rasa dengan indikator saling menghormati sebanyak 3 kali. Untuk kategori perselisihan dengan indikator perbedaan pendapat mempunyai frekuensi kemunculan scene sebanyak 8 kali. Dari seluruh hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah frekuensi pesan kemanusiaan dalam film 3Hati Dua Dunia, Satu Cinta dari total keseluruhan 82 scene terdapat 72 scene yang termasuk dalam kategori yang telah ditentukan. Jika diprosentasekan yaitu sebesar 87,80% , dengan jumlah durasi sebesar 2393 detik dari total durasi film sebesar 6060 detik. Sehingga disarankan bagi para sineas dapat memaksimalkan media film sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan yang mengandung hal yang positif kepada masyarakat seperti salah satu contoh pesan kemanusiaan atau pesan-pesan yang mendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 02:52
Last Modified: 17 May 2016 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo