UMM Institutional Repository

UPAYA HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK DALAM MEMBANGUN CITRA GRESIK SEBAGAI KOTA INDUSTRI

Puspitasari, Dwi (2011) UPAYA HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK DALAM MEMBANGUN CITRA GRESIK SEBAGAI KOTA INDUSTRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwipuspita-24152-Pendahul-n.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwipuspita-24152-BAB+1.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena YouTube sebagai media sosial yang mampu membantu orang untuk meraih popularitas. Kehadiran artis- artis melalui YouTube bila kita melihat lebih jauh, mampu menginspirasi dan mengajarkan masyarakat kita untuk menjadi manusia yang inovatif dan memiliki kemampuan untuk menangkap peluang. Bercermin pada industri musik di Indonesia, memang sangat fenomenal jika dibandingkan dengan kepopuleran yang didapat melalui situs YouTube, seolah begitu mudah mendapat kepopuleran tersebut ditengah ketatnya persaingan di industri musik tanah air. Kepopuleran artis YouTube seolah membentuk pemikiran masyarakat bahwa seorang bisa berkreasi dengan menciptakan lagu kemudian bisa dengan mudah melempar ke tengah masyarakat dengan mengunggahnya ke internet melalui situs YouTube, tidak selalu harus ke jalur rekaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada korelasi antara popularitas artis instan melalui situs YouTube terhadap motivasi band dalam komunitas Malang Indie Community (MIC) untuk mengunggah video di YouTube dan seberapa besar korelasi nya dengan berpegan pada teori Uses and Gratifications. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dimana Sugiyono (2008:6) mengemukakan bahwa penelitian survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam mengumpulkan data, misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena hendak mengukur tingkat hubungan antara variabel popularitas artis instan YouTube dan variabel motivasi band indie mengunggah video di YouTube. Populasi dalam penelitian ini adalah band dalam komunitas Malang Indie Community (MIC) yang masih terdaftar aktif di komunitas dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada didalam komunitas. Dengan populasi berjumlah 65 orang, Peneliti menentukan jumlah sampel untuk penelitian ini dengan menggunakan formula dari Isaac dan Michael. didapatkan sampel sebesar 55 orang dengan mengkonsultasikan pada tabel kolom penentu jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% (Sugiyono, 2008:87). Analisa dilakukan dengan mengolah data yang diperoleh dari penyebaran angket, angket yang digunakan menggunakan skala likert yang kemudian mendapatkan data berupa data interval. Jawaban responden dari setiap item/butir pertanyaan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi agar dapat memberikan gambaran data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Proses pengujian data dilakukan meliputi uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment, uji reliabilitas dengan rumus Alfa Cronbach, uji korelasi dengan rumus Korelasi Product Moment, uji signifikansi dengan mengkonsultasikan pada tabel r Product Moment, dan analisa koefesiensi determinasi dengan rumus Determinasi. Hasil analisis uji validitas dan reliabilitas instrument mendapatkan bahwa semua instrumen valid dan reliabel. Hasil uji korelasi menghasilkan r hitung koefesien korelasi sebesar 0,458 lebih besar dari pada r tabel 0,266, maka dapat dinyatakan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada korelasi antara popularitas artis instan melalui situs YouTube terhadap motivasi band dalam komunitas Malang Indie Community untuk mengunggah video di YouTube diterima. Dengan demikian koefisien korelasi 0,458 adalah signifikan yakni mampu digeneralisasikan dan sampel yang digunakan sudah mewakili populasi secara keseluruhan. Hasil pengujian determinasi didapatkan koefesiensi determinasi sebesar 20,98 %, hal ini berarti popularitas artis instan melalui situs YouTube 20,98 % menentukan motivasi band indie dalam komunitas Malang Indie Community untuk mengunggah video di YouTube. Kesimpulannya yaitu ada korelasi antara popularitas artis instan melalui situs YouTube terhadap motivasi band indie dalam komunitas Malang Indie Community untuk mengunggah video di YouTube dan korelasinya termasuk dalam kategori sedang. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mendalami faktor-faktor lain seperti lingkungan sosial, pendidikan dan lain nya yang bisa jadi mempengaruhi penggunaan media sosial dalam aktifitas komunikasi pada komunitas band indie dan juga mendalami penelitian terkait efektifitas atau pun strategi yang dilakukan komunitas band indie dalam berkomunikasi menggunakan media sosial sebagai media promo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 02:39
Last Modified: 17 May 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30181

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo