UMM Institutional Repository

CITRA PRODUK YANG PERNAH DIIKLANKAN DENGAN MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSER YANG TERLIBAT KASUS VIDEO PORNO (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM angkatan2008)

RATNASARI, ELOK (2011) CITRA PRODUK YANG PERNAH DIIKLANKAN DENGAN MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSER YANG TERLIBAT KASUS VIDEO PORNO (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM angkatan2008). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-elokratnas-24156-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-elokratnas-24156-BAB+I.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ingin tahunya peneliti terhadap citra produk khususnya produk sabun mandi Lux varian Magic Spell, dimana produk Lux varian Magic Spell pernah diiklankan oleh celebrity endorser yang mendukung produk tersebut yang terlibat sebuah kasus yang mengharuskan PT.Unilever memutus kontrak sebelum kontrak kerja berakhir. Pengertian citra produk itu sendiri adalah suatu persepsi yang diberikan oleh perusahaan atas produk-produknya, dan citra produk itu sendiri dapat dipengaruhi oleh tiga indikator yaitu dalam bentuk kualitas produknya, merek yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan juga prestise yang akan didapat dari produk itu sendiri. Dalam penelitian ini peneliti hendak menjawab seberapa baik atau buruk citra produk sabun mandi Lux varian Magic Spell yang pernah diiklankan celebrity endorser "Luna Maya" pasca pemberitaan yang melibatkannya dalam kasus tindakan asusila berupa dugaan pelaku dalam video prono. Celebrity endorser dianggap salah satu faktor penting dalam penyampaian pesan melalui iklan. Untuk pengertian dari celebrity endorser itu sendiri adalah artis atau selebriti yang digunakan sebuah perusahaan sebagai komunikator pesan untuk mendukung sebuah produk dalam bentuk iklan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga teori yang berhubungan dengan penelitian ini yaitu teori kognitif sosial, teori disonansi dan teori persepsi dimana teori tersebut dinilai berkesinambungan dengan kecenderungan masyarakat yang selalu meniru atau mencontoh apa yang dilakukan dan dipakai seorang publik figur yang menjadi idola dan kecenderungan seseorang yang selalu percaya dan menganggap produk yang disukainya selalu memiliki citra yang baik. Dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dimana dalam perolehan datanya menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden yang telah memiliki kriteria yang sudah ditentukan dengan tehnik pengambilan purposive sampling. Selain pembagian kuisioner peneliti juga melakukan wawancara langsung kepada responden mengenai produk Lux varian Magic Spell. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi dan pengolahan data yang diperoleh dari hasil kuisioner yaitu yang terdiri dari mengedit, menggunakan rumus mean (rata-rata) dan untuk selanjutnya di analisis secara deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UMM angkatan 2008 secara keseluruhan dari tiga konsentrasi jurusan, yaitu Publik Relations, Audio Visual dan Jurnalistik. Dari hasil penelitian yang dilakukan adalah mengetahui seberapa baik atau buruk citra produk sabun mandi Lux varian Magic Spell pasca pemberitaan yang melibatkan celebrity endorser Lux dalam kasus video porno. Dalam hal ini untuk hasil yang diperoleh dari rata-rata skor citra produk Lux varian Magic Spell dapat disimpulkan masih memiliki citra yang baik di mata responden. Hal ini didukung dengan perolehan skor positif yaitu 52,8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 02:15
Last Modified: 17 May 2016 02:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo