UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS ISI PESAN MEDIA BANNER DALAM SOSIALISASI PERATURAN PENERTIBAN BERPENAMPILAN PADA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa FISIP UMM)

Aziza, Dina Kholis (2011) EFEKTIFITAS ISI PESAN MEDIA BANNER DALAM SOSIALISASI PERATURAN PENERTIBAN BERPENAMPILAN PADA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa FISIP UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinakholis-24166-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinakholis-24166-BAB+I.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dengan Strategi UMM dalam rangka membentuk kepribadian mahasiswanya adalah dengan menerapkan peraturan disiplin berpenampilan dilingkungan kampus dan hal ini tercantum dalam surat edaran Rektor nomor E.5.a/1003/UMM/X/2007 mengenai "Penertiban Berpenampilan Mahasiswa". Hal yang melatarbelakangi penerapan peraturan tersebut adalah munculnya SK Rektor tersebut adalah karena banyaknya mahasiswa UMM memakai pakaian tidak layak (ketat, kaos oblong). Kini sudah banyak sekali media banner terpasang diberbagai sudut kampus yang mencantumkan peraturan tersebut dengan jelas. Namun, belum terlaksana secara efektif pada civitas akademiknya. Dalam penelitian ini menggunakan Teori perubahan sikap dan perilaku yang merupakan bagian dari teori Persuasi. Teori ini menjelaskan bahwa perubahan perilaku pada komunikan disebabkan dengan adanya perubahan sikap. Dengan artian, jika Komunikator menginginkan terjadinya suatu perubahan perilaku daripada audience, maka dibutuhkan suatu perubahan perilaku daripada audiencenya (Larson, 1986:32). Proses komunikasi tersebut dilakukan dengan menggunakan pesan-pesan yang persuasif. Melalui kata-kata yang membujuk, mengajak, dan menghimbau bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang, baik secara verbal maupun nonverbal. Sebagai akibat dan diterimanya pesan melalui proses komunikasi, efek yang bisa terjadi berbentuk perubahan sikap, pendapat dan tingkah laku. Artinya, perubahan sikap akibat paparan informasi dari suatu media atau orang lain. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Dilakukan pada mahasiswa FISIP UMM periode 2007-2010 dengan jumlah populasi 2301. Adapun sampel yang diambil adalah 230 mahasiswa yang ditetapkan dengan menggunakan teknik cluster sampling (sampel berkelas). Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner/angket. Skala data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji validitas adalah Pearson Product Moment, dan dalam menguji reliabilitas data menggunakan formula alpha cornbach yakni membandingkan nilai variabel dengan nilai pembanding. Dan kemudian dilakukan uji korelasi dengan mengunakan Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis penelitian, besarnya efektifitas isi pesan pada media banner dalam sosialisasi peraturan "penertiban berpenampilan mahasiswa" dipenaruhi oleh adanya pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil uji korelasi (r) sebesar 0.769 sedangkan r tabel 0.138. Hal ini menunjukkan bahwa efektifitas isi pesan media "banner" dalam soisalisasi "penertiban berpenampilan mahasiswa" masuk pada kategori tinggi. Besarnya pengaruh pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa tentang peraturan berpenampilan mahasiswa terhadap efektifitas peraturan berpenampilan mahasiswa dapat diketahui malalui hasil koefisiensi determinasi (r² x 100) = 0,591 x 100 = 59,1 artinya bahwa 59,1 % efektifitas Isi pesan media tersebut dipengarurhi ileh pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa. Sedangkan sisanya 40,9% efektifitas daripada isi pesan media tersebut dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan kepada UMM khususnya FISIP untuk perlu memberikan tindakan yang lebih intens khususnya pada aspek behavior. Sehingga mahasiswa tidak sekedar mengetahui, mengerti dan memahami isi pesan mediasaja, namun juga mengaplikan dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2016 02:12
Last Modified: 17 May 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30175

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo