UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN KARIR PADA KELAS AKSELERASI

Jannah, Siti Roudhotul (2012) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN KARIR PADA KELAS AKSELERASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiroudho-29395-1-pendahul-n.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiroudho-29395-2-bab1.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Tri Dayakisni, M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi., M.Si. Pendidikan khusus bagi anak berbakat untuk memaksimalkan prestasi pendidikannya penting di adakan sebab orientasi pendidikan mereka berbeda dengan anak yang pada umumnya, faktor itulah yang mengawali adanya program pendidikan akselerasi. Konsekuensi dari diadakannya pendidikan akselerasi diperlukan program layanan pendidikan dan bimbingan karir yang lebih terprogram dan selaras dengan kebutuhan anak berbakat. Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan program pendidikan akselerasi menyebabkan kebutuhan layanan pendidikan dan bimbingan karir menjadi suatu hal yang mutlak diberikan. Oleh karena itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan bimbingan karir pada siswa akselerasi, permasalahan yang muncul dan faktor penyebabnya, serta usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan subyek berjumlah 4 orang, terdiri dari guru BK yang mengajar di kelas akselerasi dan siswa akselerasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis data menggunakan uji triangulasi yaitu dengan cara membandingkan hasil wawancara dengan sumber yang berbeda, membandingkan dengan teori dan dokumentasi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan dan bimbingan karir pada siswa selama ini dengan menggunakan metode layanan pengarahan, pendampingan, serta tempat berkonsultasi, sesuai dengan model school-based comprehensive career education. Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan tersebut yaitu aspek kematangan mental yang dimiliki siswa masih kurang dan memiliki afek negatif pada BK, guru BK yang kurang komunikatif dalam penyampaian materi, serta materi pendidikan dan bimbingan karir yang diberikan secara keseluruhan sama dengan siswa reguler. Pemberian materi yang menjelaskan tentang karir kurang spesifik. Faktor penyebabnya adalah materi kurang menarik, tidak ada materi khusus, pemberian materi hanya satu jam dalam satu minggu, kurangnya pendekatan dan motivasi dari guru BK dan SDM di BK rata-rata berusia lebih dari 40 tahun. Oleh karena itu, selama ini usaha yang telah dilakukan BK dalam membantu mengarahkan siswa untuk menentukan pilihan sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa, BK membuat program bulanan yaitu dengan konseling, sosialisasi tentang program BK, serta memberikan motivasi saat pemberian materi di kelas. Sedangkan program tahunan yang dilakukan dengan menaikkan mental pesaing, pendampingan yang lebih dengan menjadikan guru BK sebagai walikelas serta memberikan tambahan informasi dari alumni tentang pengalaman perkuliahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 11:07
Last Modified: 16 May 2016 11:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30174

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo