UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN PRESTASI KERJA PADA SALES

Afriansyah, (2012) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN PRESTASI KERJA PADA SALES. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afriansyah-29396-1-pendahul-n.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afriansyah-29396-2-bab1.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Self esteem (Harga diri) adalah suatu penilaian subjektif yang dibuat individu mengenai dirinya sendiri yang dipengaruhi oleh dukungan keluarga, kompetisi, penampilan fisik, anugerah Tuhan, kompetensi akademik, nilai moral, penghargaan dari orang lain, daya tarik terhadap lawan jenis, hubungan persahabatan dan perilaku secara umum. Prestasi kerja adalah merupakan hasil keseluruhan pekerjaan secara kualitas yang telah dilakukan seorang dalam mencapai apa yang menjadi tujuan suatu lembaga, perusahaan atau instansi. Beberapa sales memiliki self esteem rendah karena adanya ketidakpuasan akan profesinya, dan merupakan hal yang wajar bila akhirnya berpengaruh pada prestasi kerjanya yang rendah. Akan tetapi ada juga sales yang memiliki self esteem yang tinggi sehingga sales seperti ini memiliki kualitas jati diri yang baik, sukses kariernya, dan tetap semangat walau banyak penolakan dari calon konsumen. Dari wacana di atas disimpulkan bahwa self esteem yang dimiliki sales mempunyai arti besar terhadap prestasi kerjaya sebagai sales. Maka peneliti tertarik untuk meneliti secara empirik mengenai “Hubungan Antara Self Esteem dengan Prestasi Kerja Pada Sales”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah teknik probability sampling, dengan sampel gabungan dari 2 teknik yaitu proporsi dan acak maka teknik pengambilan sampel seperti ini disebut teknik proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 600 orang sales Yamaha Motor Keresidenan Malang (wilayah unit kerja Malang Raya, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang), Anggota sampel penelitian adalah 60 orang sales Yamaha Motor dari 12 dealer Yamaha Motor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen skala self esteem dan form penilaian prestasi kerja sales. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara self esteem dengan prestasi kerja (dengan nilai r = 0,987). Hal ini menunjukkan bahwa dari 60 responden terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara self esteem dengan prestasi kerja pada sales. Yang artinya semakin tinggi self esteem sales maka semakin tinggi pula prestasi kerja sales, dan sebaliknya apabila self esteem sales rendah maka rendah pula prestasi kerja sales.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 10:52
Last Modified: 16 May 2016 10:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30173

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo