UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI ORIENTASI KARIR SISWA CERDAS ISTIMEWA DI KELAS AKSELERASI

Khotimah, Khusnul (2012) IDENTIFIKASI ORIENTASI KARIR SISWA CERDAS ISTIMEWA DI KELAS AKSELERASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khusnulkho-29397-1-pendahul-n.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khusnulkho-29397-2-babi.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Tri Dayakisni, Dra.Msi (2) NiÂ’matuzahroh,Msi Banyak sekolah-sekolah sekarang ini yang mulai membuka berbagai program,salah satunya yaitu program akselerasi. Siswa yang dapat mengikuti program akselerasi adalah siswa yang berbakat. Sistem belajar kelas akselerasi yang menuntut siswa untuk berprestasi dengan baik, membuat siswa tidak mempunyai waktu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan bersosialisasi dengan teman yang lain. Hal ini juga akan menurunkan jumlah waktunya untuk memperkenalkan masalah karir pada mereka. Orientasi karir bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang berbagai hal yang kaitannya dengan pilihan karir, sehingga peserta didik mampu mengidentifikasi keserasian diri sendiri dengan aspek berbagai jenis karir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat orientasi karir siswa kelas akselerasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian adalah di MAN 3 Kediri dan dilakukan selama tiga hari. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah 24 siswa kelas XI akselerasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan satu skala yaitu, skala orientasi karir.Menggunakan teknik analisis data T skor. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh orientasi karir pada siswa akselerasi kelas XI di MAN 3 Kediri, dapat dikatakan rendah hal ini dilihat dari hasil perhitungan T skor skala orientasi karir menunjukkan bahwa dari hanya 45% siswa saja yang memiliki orientasi karir yang positif. Sedangkan jika dilihat dari setiap aspeknya, pada aspek sikap terhadap karir hanya ada 30 % siswa saja yang sudah dapat merencanakan karirnya dan yang sudah memahami kemampuan serta minatnya, dan ada 70% siswa yang belum memahami minatnya dan belum dapat membuat perencanaan karir. Sedangkan pada aspek informasi dunia kerja hanya 40% siswa saja yang memiliki informasi tentang bagaimana orang lain memahami minat dan kemampuannya dan bagaimana orang lain dapat sukses dalam bidang keahliannya. Sedangkan 60% siswa lainnya kurang mendapatkan informasi tentang dunia pekerjaan, selain itu dari pihak sekolah kurang memberikan informasi tentang dunia kerja, sehingga siswa kurang memahami tentang dunia karir dan kurang mendapatkan informasi pekerjaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 10:48
Last Modified: 16 May 2016 10:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo