UMM Institutional Repository

PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DITINJAU DARI PERAN GENDER

Putri, Nadia Sofia (2012) PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DITINJAU DARI PERAN GENDER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadiasofia-29398-1-pendahul-n.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadiasofia-29398-2-babi.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1). YudiSuharsono, S.Psi, M.Si. (2). Yuni Nurhamidah, S.Psi, M.Si Mencapai suatu kesejahteraan baik secara fisik maupun mental pasti menjadi keinginan setiap orang. Kesejahteraan dapat menjadi tolak ukur kesehatan seseorang terutama jika dilihat dari sisi psikologis orang tersebut. Maka dari itu, semua orang berusaha untuk mencapai kesejahteraan psikologis dalam kehidupannya. Kesejahteraan psikologis atau yang peneliti sebut sebagai psychological well-being(PWB) merupakan hal yang subjektif sama halnya dengan peran gender. Dikatakan subjektif karena keduanya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menjadikan terjadinya keragaman dalam pencapaian PWB pada tiap peran gender. Seseorang memilih peran gender berdasarkan proses yang didapat dari lingkungan sosial dan budayanya, hal inilah yang juga mempengaruhi dan menjadikan pencapaian tingkat PWB dalam tiap dimensinya pada setiap orang berbeda satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai perbedaanPWB pada remaja ditinjau dari peran gender. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2011 dengan rentangan usia 18-21 tahun sebanyak 170 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian didapat melalui skala BSRI (Bem Sex Role Inventory) untuk mengidentifikasi peran gender yang terdiri dari 60 item dan skala Psychological Well-being(PWB) yang terdiri dari 39 item untuk mengetahuhi tingkat PWB pada subjek. Teknik analisa data menggunakan teknik anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisienvarian (f) sebesar 10.409 dengan tarafsignifikansisebesar 0.000. Berdasarkan nilai tersebut, maka hipotesis penelitian dapat diterima yang artinya ada perbedaan PWB pada remaja yang sangat signifikan ditinjau dari peran gender yang secara berurutan remaja dengan peran gender androgini memiliki tingkat PWB yang paling tinggi dengan mean 113.38 dan peran gender femininmempunyai tingkat PWB yang sangat rendah dengan mean 97.22. Artinya, remaja dengan peran gender androgini memiliki kelebihan dalam pencapaian dimensi PWB, sedangkan peran gender feminin sangat kurang dalam pencapaian dimensi PWB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 09:51
Last Modified: 16 May 2016 09:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30170

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo