UMM Institutional Repository

GAMBARAN KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Islah Malang)

RAHMADANI, RISTIANA CHALIF (2012) GAMBARAN KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI JOMPO (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Islah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ristianach-29648-1-pendahul-n.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ristianach-29648-2-babi.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Pada usia lanjut, aktivitas yang dilakukan lansia semakin berkurang karena dengan bertambahnya usia akan membuat perubahan pada keadaan fisik maupun psikologis yang mengalami kemunduran seperti penglihatan dan pendengaran menjadi berkurang, gerakan menjadi lambat dan kurang lincah, rambut mulai memutih, ingatan tidak berfungsi dengan baik, osteoporosis, timbulnya penyakit-penyakit kronis, depresi, dan lain sebagainya yang tak jarang mengurangi semangat hidup mereka. Dilain hal, para usia lanjut atau lansia ini harus menghadapi kenyataan jika mereka akan ditempatkan dipanti perawatan khusus untuk menangani lansia atau biasa dikenal dengan sebutan panti jompo. Lansia di panti jompo dapat melakukan aktivitas-aktiviatas yang berhubungan dengan fisik maupun kerohanian yang dapat menunjang perasaan bahagia, seperti merajut, menyanyi bersama, senam lansia dan kegiatan-kegiatan lain yang disenangi serta lansia juga di berikan kesempatan untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masin-masing. Selain itu, dipanti jompo lansia juga dapat saling bertukar pikiran (sharing) dengan sesama penghuni, seperti saling menceritakan kisah hidup masing-masing, masalah yang sedang dihadapi dan sebagai nya, yang mampu menumbuhkan keakraban dan rasa kekeluargaan diantara mereka. Subjek penelitian ini adalah tiga orang lansia yang tinggal di Pondok Lansia Al-Islah Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara semistrukutur. Analisa dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa gambaran kebahagiaan lansia yang tinggal di panti jompo Pondok (Pondok Lansia Al Ishlah Malang), yaitu terdapat perbedaan ketiga subyek terkait dalam proses menjalani kehidupan sehari-hari dengan semangat dan penuh gairah serta pemberian makna dalam hidup masing-masing. Namun ada kesamaan dalam hal menemukan tujuan hidup, baik jangka pendek dan jangka panjang yang jelas, sehingga mereka menjadi lebih terarah dan merasakan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai. Demikian pula dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, artinya subyek menyadari pembatasan-pembatasan lingkungan, tetapi dalam keterbatasan itu tetap dapat menentukan sendiri apa yang paling baik untuk dilakukan. Selain itu ketiga subyek memiliki kemampuan untuk menentukan tujuan-tujuan pribadi dan menentukan makna hidup sehingga sangat memperhatikan arti pentingnya kehidupannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 09:25
Last Modified: 16 May 2016 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo