UMM Institutional Repository

PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA IBU YANG BERPERAN SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL

dany, Wike asturina (2012) PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA IBU YANG BERPERAN SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wikeasturi-29661-1-pendahul-n.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wikeasturi-29661-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: ( 1 ) Tri Dayakisni, M.Si. ( 2 ) Yuni Nurhamida, S.Ps, .M.Si. Jumlah keluarga dengan orang tua tunggal semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tentunya ikut mempengaruhi jumlah anak yang menjadi produk orang tua tunggal ikut meningkat pula. Fenomena orang tua tunggal bukan hanya terjadi di Indonesia sebagai negara berkembang, tetapi juga terjadi di negara maju. Dari adanya kondisi dari orang tua tunggal wanita setelah menyandang janda dan adanya tuntutan dan peran baru yang harus dilakukannya inilah dapat mempengaruhi psychological well being seseorang, dimana seseorang bisa mencapai kesejahteraan psikologis yang dipengaruhi oleh fungsi psikologis positif berupa aktualisasi diri, penguasaan lingkungan dan pertumbuhan pribadi. Sehingga dari hal tersebut peneliti mengambil tujuan untuk mengetahui gambaran psychological well being pada ibu yang berperan sebagai orang tua tunggal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa teknik wawancara semi terstruktur. Adapun subjek penelitiannya adalah 4 ibu yang berperan sebagai orang tua tunggal yang berasal dari beberapa wilayah di kota Malang. Dalam penelitian ini uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu wawancara dengan orang-orang disekitar subjek. seperti tetangga, Orang tua, teman organisasi maupun atasan subjek di tempat kerja. Hasil penelitian secara umum , ibu yang berperan sebagai orang tua tunggal cenderung menggambarkan psychological well being terutama pada dimensi hubungan baik dengan orang lain, otonomi dan tujuan hidup. Wanita tersebut mampu untuk membangun hubungan yang hangat dan saling percaya dengan orang lain, memiliki kemandirian untuk mampu menentukan pilihan dan perilaku yang sesuai dengan standar dan kebutuhan pribadinya, serta memiliki keterarahan yang mengarahkannya pada tujuan hidup.Selain itu subjek penelitian ini cenderung kurang menggambarkan dimensi penerimaan diri. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakpuasan mereka atas diri sendiri. Perasaan tidak berhasil dalam mencapai tujuan hidup membuat mereka menilai negatif diri mereka dan cenderung melihat kehidupan orang lain lebih bahagia dari pada mereka. Namun ada keberagaman pada gambaran dimensi PWB subjek, ke empat subjek tidak mengambarkan keseluruhan dimensi PWB. Ibu yang berperan sebagai orang tua tunggal yang disebabkan oleh kematian suami hanya menggambarkan dimensi otonomi, tujuan hidup, hubungan dengan orang lain, penerimaan diri, dan pengusaan lingkungan. Sedangkan orang tua tunggal yang disebabkan oleh perceraian hanya menggambarkan dimensi otonomi, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 08:49
Last Modified: 16 May 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo