UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN REMAJA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA

azizah, Nur (2012) PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN REMAJA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurazizah0-29662-1-pendahul-n.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurazizah0-29662-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti Fasikhah, M.Si (2) Linda Yani P, S.Psi, M.Si. Kemandirian adalah Kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak serta tidak bergantung kepada orang lain secara emosional adalah suatu sikap seseorang yang mandiri. orang mandiri selalu mengandalkan dirinya sendiri untuk bersikap dan mengambil keputusan.Pada umumnya kemandirian ini berkembang pada awal masa remaja dan mencapai puncaknya menjelang periode ini berakhir. Banyak faktor yang mempengaruhi kemandirian remaja salah satunya adalah tempat tinggal yang memungkinkan individu memiliki pengalaman yang berbeda. Pada penelitian ini tempat tinggal yang digunakan adalah remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan remaja yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian remaja ditinjau dari tempat tinggal yaitu pondok pesantren dan tinggal bersama orang tua. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 orang remaja berusia 16-18. Teknik sampling penelitian ini adalah random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa skala Likert. Reliabilitas alat ukur yang diperoleh untuk kemandirian remaja adalah 0.966. Adapun teknik statistik yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa terdapat perbedaan kemandirian remaja yang signifikan ditinjau dari tempat tinggal (t = 2.531) dengan signifikansi 0,014. Remaja yang tinggal di pondok pesantren memiliki mean skor 154,15, sementara mean skor untuk remaja yang tinggal bersama orangtua adalah 142,50. Hal ini berarti bahwa tingkat kemandirian pada remaja yang tinggal di pondok pesantren lebih tinggi dibandingkan dengan remaja yang tinggal bersama orangtua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 08:40
Last Modified: 16 May 2016 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30151

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo