UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA REMAJA

MUSLIM, ABDUL AZIZ (2012) PERBEDAAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazizm-29666-1-01penda-n.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazizm-29666-2-02bab1.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Tri Dayakisni M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh S.Psi, M.Si. Pada dewasa ini sering terjadi perilaku bullying pada kalangan remaja, dan kejadian bullying tersebut kebanyakan terjadi dilingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, antara lain faktor komunitas, faktor keluarga, faktor sekolah, faktor teman subjek, dan faktor psikologis individual. Salah satu faktor psikologis individual adalah kepribadian.Jung membagi tipologi kepribadian menjadi dua yaitu ekstrovert dan introvert. Istilah ekstrovert-introvert pertama kali dipakai oleh Jung. Ia menggolongkan tipe kepribadian manusia berdasarkan sikap jiwanya. Faktor kepribadian sangatlah berpengaruh bagi pelaku maupun korban bullying,baik dalam interaksi sosialnya maupun dampak yang berpengaruh bagi pelaku dan korban bullying. Salah satu dampaknya adalah terganggunya proses belajar siswa. Maka dari hal tersebut dirasa penting untuk dilakukan penelitian tentang perilaku bullying, yang penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perbedaan kecenderungan perilaku bullying ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif kausal-komparatif. Subjek penelitian adalah siswa MA Maarif Sukorejo Pasuruan, kelas 1 dan 2. Teknik pengambilan sampelnya mengunakan proposional random sampling, sehingga subjek penelitiannya berjumlah 124 siswa atau 30% dari jumlah seluruh siswa pada setiap kelas 1 dan 2. Metode pengumpulan data menggunakan alat tes EPI-A (Eysenck Personality Inventory –A) dan skala perilaku bullying yang menggunakan uji validitas product moment dengan reliabilitas item-itemnya 0,930. Teknik analisa data menggunakan t-test, dimana diperoleh(t= 2,391) dan (p=0,019). Berdasar hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada perilaku bullying remaja ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Remaja yang bertipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi (∑= 87,90) perilaku bullying, dibandingkan dengan remaja yang bertipe kepribadian introvert (∑= 81,28).Pada deskripsi data diketahui bahwa jenis perilaku bullying yang sering dilakukan oleh remaja yang bertipe kepribadian ekstrovert yaitu pada aspek verbal (42.9%), sedangkan yang bertipe kerpibadian introvert yaitu pada aspek cyber/elektronik (35.6%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 08:11
Last Modified: 16 May 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30148

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo