UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK YANG DIASUH IBU TIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL

Aslamiyah, Humaidatul (2012) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK YANG DIASUH IBU TIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-humaidatul-29771-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-humaidatul-29771-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si (2) Ari Firmanto S.Psi. Hubungan anak dengan orangan tua tiri yang cenderung memiliki jarak dan lebih konfliktual dikarenakan komunikasi yang jarang terjadi antara ibu dengan anak tiri, akibatnya kesalahpahaman mulai muncul, adanya prasangka, perasaan diabaikan, cemburu dan dikhianati bisa muncul. Komunikasi interpersonal yang baik pada anak tiri akan mengurangi kesenjangan yang dirasakan dan akan memudahkan mereka dalam melakukan relasi sosial. Dengan penyesuaian sosial yang baik, anak tiri akan mampu bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal anak yang diasuh ibu tiri dengan penyesuaian sosial. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja (usia 12 – 22 tahun) yang tinggal dengan ibu tirinya di Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan teknik korelasi product moment, dapat diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan komunikasi interpersonal dengan penyesuaian sosial dengan nilai r = 0,067 dan p = 0,682 > 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan tidak signifikan antara komunikasi interpersonal anak yang diasuh ibu tiri dengan penyesuaian sosial. Artinya semakin tinggi komunikasi interpersonal anak yang diasuh ibu tiri maka tidak diikuti dengan penyesuaian sosial yang tinggi dan sebaliknya semakin rendah komunikasi interpersonal anak yang diasuh ibu tiri maka tidak diikuti dengan penyesuaian sosial rendah. Hasil analisis dari 40 subyek penelitian menunjukkan ada 19 orang (47,5%) yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan 21 orang (52,5%) yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Sedangkan dari 40 subyek penelitian ada 21 orang (52,5%) yang memiliki penyesuaian sosial yang tinggi dan 19 orang (47,5%) yang memiliki penyesuaian sosial yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 08:05
Last Modified: 16 May 2016 08:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30146

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo