UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA MAHASISWA

FADLI, FAHRUL LADESANG (2012) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahrullade-29773-1-pendahul-n.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahrullade-29773-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si. (2) Ari Firmanto, S.Psi. Dalam proses pencarian identitas diri pada mahasiswa, maka diperlukan suatu dukungan sosial secara positif. Dengan adanya suatu dukungan sosial pada mahasiswa maka mahasiswa mempunyai cara pandang terhadap suatu masalah dengan memusatkan perhatian pada sisi positifnya. Sehingga individu ini mampu mengendalikan problem-problem yang terjadi pada dirinya dan mahasiswa mengetahui orang lain melakukan sesuatu yang dapat mereka lakukan untuk mahasiswa tersebut, seperti dukungan emosional, dukungan informatif, dukungan instrumental, dukungan penghargaan yang dijelaskan oleh Horse. Sehingga dengan adannya hal ini mahasiswa memiliki kemampuan dan merasakan adannya psychological well being yang ditandai dengan adannya penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, sikap yang kemandirian, penguasaan lingkungan, mempunyai tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi seperti yang dijelaskan oleh Ryff. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well being pada mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling, dimana anggota sampel adalah siapa saja yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian, asalkan ada hubungannya dengan tema penelitian. Peneliti mengambil sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif mengikuti akademik perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Malang sebanyak 100 subjek. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,610 dengan probabilitas kesalahan (p) sebesar 0,000 < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan dengan arah korelasi positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan psychological well being pada mahasiswa. Hasil penelitian juga diperoleh koefisien determinasi sebesar (R2 = 0,372). Hal ini menunjukan bahwa sumbangan efektif dukungan sosial dengan psychological well being sebesar 37,2%. Adapun sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 May 2016 08:00
Last Modified: 16 May 2016 08:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30144

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo