UMM Institutional Repository

STRATEGI PENCITRAAN PERUSAHAAN JASA ASURANSI (Studi pada Askes Center RSSA, PT Askes (Persero)Cabang Malang)

Mufidah, Yunita Nikmatul (2011) STRATEGI PENCITRAAN PERUSAHAAN JASA ASURANSI (Studi pada Askes Center RSSA, PT Askes (Persero)Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitanikm-24171-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitanikm-24171-BAB+I.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh dicanangkannya tahun pencitraan di PT Askes (Persero) pada tahun 2009-2010. Askes Center merupakan salah satu program dalam pencitraan tersebut. Salah satu Askes Center di Malang terdapat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA). Askes Center RSSA merupakan pelayanan satu atap antara PT Askes (Persero) dan RSSA dalam memberikan pelayanan kepada pasien pengguna kartu Askes, yang memiliki empat fungsi, yakni fungsi informasi, administrasi, pengendalian dan kemitraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini berkaitan tentang bagaimana strategi pencitraan PT Askes (Persero) melalui Askes Center RSSA, dengan tujuan dapat mendeskripsikan strategi pencitraan PT Askes (Persero) yang diimplementasikan melalui Askes Center RSSA. Dalam rangka mencapai tujuan pendirian Askes Center RSSA sesuai dengan fungsinya, maka dibutuhkan strategi pencitraan yang tepat. Strategi merupakan keseluruhan konsep dan tindakan jelas yang telah direncanakan dan digunakan untuk mencapai tujuan. Menurut Sandra Oliver, mengutip penjelasan Mintzberg kata strategi dapat digunakan antara lain dimaknai sebagai sebuah rencana dan sebuah pola. Selain itu menurut Ronald D Smith strategi public relations dapat diterapkan melalui proactive strategy dan reactive strategy. Proactive Strategy meliputi action strategy, antaralain dapat diukur melalui : Organizational performance, Audince participant, Alliances and coalitions. Selanjutnya dalam implementasi strategi diperlukan komunikasi efektif, menurut Smith komunikasi efektif dapat dilakukan dengan tiga pendekatan yakni, informatif, persuasif dan dialogis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada PT Askes (Persero) Kantor Cabang Malang, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Observasi peneliti lakukan di Askes Center RSSA Malang. Keseluruhan penelitian, dilaksanakan selama bulan Mei hingga Juli 2011. Dalam penetapan informan peneliti menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang yakni Kepala PT Askes (Persero) Kantor Cabang Malang, Koordinator Askes Center RSSA, dan Staff verivikator Askes Center RSSA. Tenik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan. Sedangkan untuk menguju keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi data dan intersubjectivity agreement dengan mengambil pendapat pasien atau keluarga pasien yang mengakses layanan di Askes Center RSSA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pada Askes Center RSSA adalah proactive strategy, yang meliputi tiga aspek Organizational performance, Audince participant, Alliances and coalitions. Dengan pendekatan komunikasi efektif secara informatif, persuasif dan dialogis. Dalam implementasi strategi pencitraan PT Askes (Persero) melalui Askes Center Kantor Cabang Malang, telah dilaksanakan dengan baik namun demikian hendaknya pihak PT Askes (Persero) tidak mengesampingkan fungsi evaluasi. Sebagai sarana pembenahan dan peningkatan pada Askes Center RSSA baik dari segi pelayanan maupun fasilitas penunjang yang disediakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 May 2016 04:53
Last Modified: 16 May 2016 04:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo