UMM Institutional Repository

Pengaruh Tingkat Kesadaran Publik tentang Community Relations terhadap Opini Publik tentang Duta Catering (Studi pada Masyarakat Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu)

Eka CK, Fibriana (2011) Pengaruh Tingkat Kesadaran Publik tentang Community Relations terhadap Opini Publik tentang Duta Catering (Studi pada Masyarakat Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fibrianaek-24210-Pendahul-n.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fibrianaek-24210-BAB+I.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena manajemen isu yang kian berkembang seiring berkembangnya ilmu komunikasi khususnya public relations. Persaingan untuk mendapatkan citra positif dan dukungan dari publiknya membuat sebagian besar perusahaan berlomba-lomba merebut simpati publiknya. Publik akan memberikan dukungan atau pun beropini positif pada perusahaan yang cenderung memihak pada kepentingan-kepentingan mereka. Oleh karena dukungan masyarakat sangat penting untuk dihimpun setiap perusahaan, maka menciptakan kesadaran publik tentang keberadaan dan aktivitas-aktivitas perusahaan serta membangun citra dan reputasi perusahaan di masyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Maka, penelitian ini tertarik untuk mengaji bagaimana pengaruh tingkat kesadaran publik tentang community relations terhadap opini publik tentang suatu perusahaan. Untuk mendapatkan pengetahuan yang faktual, maka penelitian ini mengambil objek pada masyarakat Kelurahan Dadaprejo yang menjadi salah satu publik dari Duta Catering (perusahaan catering). Tingkat kesadaran (brand awareness) dipahami sebagai kemampuan seseorang (pelanggan) untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek (citra) dan mengaitkannya dengan satu kategori produk tertentu (Sadat). Tingkatan level kesadaran yaitu level unaware, recognition, recall dan top of mind. Tingkat kesadaran juga disinggung Maxwell McCombs dan Donald L. Shaw (Nurudin) dalam teori agenda setting. Sehingga, dengan hanya memberikan perhatian pada beberapa isu dan mengabaikan isu lainnya, tingkat kesadaran yang tinggi akan terbentuk dan akan mempengaruhi opini publik pada agenda tertentu. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah "Adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh tingkat kesadaran publik tentang aktivitas community relations yang dilakukan Duta Catering terhadap opini publik (warga Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu) tentang keberadaan Duta Catering". Tingkat kesadaran publik pada aktivitas-aktivitas community relations diduga berpengaruh terhadap opini publik dan sangat penting untuk membangun opini publik yang positif dan kuat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dan mengukur besarnya pengaruh tingkat kesadaran publik tentang aktivitas community relations terhadap opini warga tentang Duta Catering. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuantitatif. Analisis ini dimaksudkan untuk memperkirakan besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan satu atau beberapa kejadian lainnya dengan menggunakan alat analisis statistik. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan mengetahui hubungan antara dua variabel. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Metode kuesioner yang termasuk dalam metode survey ini mengambil sampel dengan metode cluster random sampling. Penelitian ini mengambil sampel 198 responden yang tinggal di sekitar tempat beroperasinya Duta Catering. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh secara kuantitatif. Analisis kuantitatif yang dilakukan meliputi uji koefisien korelasi pearson product moment dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran publik (X) terbukti secara signifikan mempengaruhi opini publik (Y). Hal ini tampak pada tingginya kesadaran publik pada aktivitas community relations khususnya pada kegiatan pengajian rutin yang memperoleh angka indeks sebesar 4,83 (top of mind). Sedangkan opini publik tentang Duta Catering tentang pemberdayaan warga Kelurahan Dadaprejo memperoleh angka indeks sebesar 4,39 (sangat kuat). Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa pengaruh tingkat kesadaran publik tentang community relations terhadap opini publik tentang Duta Catering sangat kuat. Terbukti, 84% variasi opini publik tentang Duta Catering dipengaruhi oleh tingkat kesadaran publiknya pada aktivitas community relations dengan opini yang cenderung positif. Atas hasil tersebut, bisa direkomendasikan kepada Duta Catering bahwa upaya pelaksanaan aktivitas community relations perlu ditingkatkan misal dengan pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi di Kelurahan Dadaprejo, ataupun bantuan dana pendidikan bagi pelajar kurang mampu. Selain itu, Duta Catering dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat bekerjasama lebih baik lagi dalam kegiatan community relations mengingat kegiatan community relations bukan kegiatan dari perusahaan untuk masyarakat, melainkan kegiatan yang dirancang oleh perusahaan dan masyarakat untuk kebaikan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 May 2016 04:34
Last Modified: 16 May 2016 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30131

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo