UMM Institutional Repository

PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA BURUH PELAKU DEMONSTRASI

Sugiarta, Fidiya Wati (2012) PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA BURUH PELAKU DEMONSTRASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidiyawati-29777-2-babi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidiyawati-29777-1-pendahul-n.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Hudaniah, M.Si., Psi. (2) Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Kesejahteraan psikologis (psychological well being) merupakan suatu kualitas kehidupan dan kesehatan mental yang dimiliki seseorang. Psychological well being bukan hanya merupakan ketiadaan penderitaan, namun psychological well being meliputi keterikatan aktif dalam dunia, memahami arti dan tujuan dalam hidup, dan hubungan seseorang pada obyek ataupun orang lain. Dalam dunia kerja, psychological well being tidak dapat dipungkiri secara tidak langsung akan berkaitan dengan keadaan seseseorang dalam bekerja. Dalam perindustrian di negara kita, sering sekali kita dengar demonstrasi diberbagai pelosok negera ini. Banyak faktor penyebab seorang buruh melakukan demonstrasi. Diantaranya karena tidak tercapainya psychological well being dengan baik. Sedangkan tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat psychological well being pada buruh pelaku demonstrasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi survey dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang aktif bekerja dan tinggal di wilayah industri Gresik, Jawa Timur yang pernah melakukan demonstrasi. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan purpose sampling dengan menyebarkan skala. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa psychological well being pada buruh pelaku demonstrasi di kawasan industri Gresik, Jawa Timur yang ditijau dari keenam aspek psychological well being yaitu penerimaan diri, hubungan yang positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan terhadap lingkungan, tujuan hidup dan pertumbuhan diri menunjukkan bahwa 69,2% dari 120 subyek memiliki psychological well being yang cukup baik. Banyak faktor yang mempengaruhi psychological well being, diantaranya adalah faktor usia dan jenis kelamin. Berdasarkan jenis kelamin, 60% buruh pelaku demonstrasi berjenis kelamin laki-laki memiliki psychological well being yang baik. Sedangkan psychological well being yang ditinjau berdasarkan usia menyebutkan hasil, yaitu buruh pelaku demonstrasi yang berusia dibawah 30 tahun memiliki psychological well being yang baik dengan prosentase sebanyak 70,8%. Dalam penelitian ini psychological well being juga ditinjau berdasarkan beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi, diantaranya lama kerja, status pekerjaan dan status pernikahan. Dengan hasil 58,3% dimiliki oleh buruh dengan lama bekerja dibawah 30 bulan, 74,2% pada buruh dengan status pekerjaan buruh outsourcing, serta 53,3% yang dimiliki oleh buruh dengan status pernikahan “sudah menikah”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 04:22
Last Modified: 16 May 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo