UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP

RENANDA, SHINTA (2012) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shintarena-29840-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shintarena-29840-1-pendahul-n.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Yudi Suharsono M.Si. (2) Ni'Matuzzahroh S.Psi,M.Si Ujian nasional merupakan sesuatu yang diwajibkan bagi para siswa sebagai persyaratan kelulusan. Ujian Nasional seringkali ditanggapi serius oleh para siswa khususnya mereka yang duduk di bangku Sekolah Menegah Umum. Dari sini maka muncullah kecemasan dari siswa-siswa yang akan menghadapi ujian nasional. Salah satu faktor yang menyebabkan kecemasan adalah konsep diri. konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri.ecemasan adalah kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar, yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. Keadaan emosi ini tidak memiliki objek yang spesifik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantityatif korelasional dengan subjek siswa kelas 3 SMP yang berjenis kelamin laki – lakin dan perempuan berusia antara 14 tahun sampai 15 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunaka teknik Insidental dimanna siapa saja yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian, asalkan ada hubungannya dengan tema penelitian.Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala yaitu skala konsep diri dan skala kecemasan. Dimana skala konsep diri menggunakan 3 komponen konsep diri dari Hurlock yaitu conceptual, perceptual dan attitudinal.Sedangkan skala kecemasan menggunakan jenis kecemasan menyeluruh seperti kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan, kekhawatiran yang sulit dikendalikan dan siswa mengalami tiga atau lebih diantara hal-hal berikut ketidaksabaran, tidak mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi. Berdasarkan penelitian yang didapatkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri dan kecemasan dimana r sebesar -0,070 dengan 0,455 > 0,05 . Siswa yang konsep dirinya tinggi, kecemasan tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang rendah. Sedangkan Siswa dengan konsep diri rendah kecemasan rendah lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 04:16
Last Modified: 16 May 2016 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30126

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo