UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SIKAP TERHADAP IKLAN HUMOR DENGAN RETENSI

Fidhzalidar, M. Gengki (2012) HUBUNGAN SIKAP TERHADAP IKLAN HUMOR DENGAN RETENSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mgengkifid-29841-2-babi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mgengkifid-29841-1-pendahul-n.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si (2) M. Shohib, S.Psi, M.Si Sikap adalah kecenderungan seseorang untuk berperilaku setelah melihat suatu objek. Objek yang dimaksud dalam hal ini adalah objek mengenai iklan humor. Kecenderungan seseorang untuk berperilaku itu mengarah pada dua hal yaitu kecenderungan bersikap positif dan kecenderungan bersikap negatif. Retensi adalah mempertahankan/menyimpan ingatan dalam memori otak. Ingatan yang dimaksud dalam hal ini adalah sejauh mana orang tersebut mampu mengingat suatu objek yang dilihatnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memfokuskan penelitian tentang Hubungan Sikap Terhadap Iklan Humor dengan Retensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-experimental design dengan jenis One shot Case study. Dalam penelitian ini Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik non probabilistic dengan jenis purposive sampling. Anggota sampel adalah mahasiwa Universitas Muhammadiyah Malang yang terlebih dahulu telah mengikuti proses uji skala sikap terhadap iklan humor. Teknik pengambilan data ini menggunakan skala Likert untuk skala sikap dan tes mengingat menggunakan metode free recall method untuk uji retensi nya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan (r = 0,862 ; p = 0,000) antara sikap terhadap iklan humor dengan retensi. Hal ini berarti bahwa semakin positif sikap seseorang terhadap iklan humor semakin tinggi pula tingkat retensi nya. Begitu pula semakin negatif sikap seseorang terhadap iklan humor maka semakin rendah tingkat retensinya. Adapun sumbangan efektif sikap terhadap iklan humor dengan retensi adalah sebesar 0,743 atau sebesar 74,3 %. Dengan demikian sumbangan aktif dari sikap terhadap iklan humor dengan retensi adalah sebesar 74,3 %, sedangkan 25,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti persepsi, karakter kepribadian, faktor kebudayaan, intelegensi dll.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 04:06
Last Modified: 16 May 2016 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo