UMM Institutional Repository

PERBEDAAN TINGKAT HARGA DIRI ANTARA PELAKU BULLYING dan BUKAN PELAKU BULLYING PADA REMAJA

HIDAYAT, M TAUFIQ NUR (2012) PERBEDAAN TINGKAT HARGA DIRI ANTARA PELAKU BULLYING dan BUKAN PELAKU BULLYING PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mtaufiqnur-29842-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mtaufiqnur-29842-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Hudaniah, M.Si. Psi (2) Yuni Nurhamida, S.Psi M.Si Antara harga diri dan bullying memiliki hubungan yang erat dan saling mempengaruhi. Berdasarkan temuan terbaru dari serangkain penelitian di temukan bahwa harga diri yang tinggi tidak selalu berpengaruh positif terhadap tingkah laku. Bullying, narsisme, dan eksibisionisme adalah contoh perilaku negatif yang dilakukan oleh orang dengan haga diri tinggi. Bullying adalah Tindakan yang disengaja oleh si pelaku pada korbannya bukan sebagai kelalaian. Memang betul-betul di sengaja. Tindakan yang terjadi berulang-ulang. Bullying tidak pernah dilakukan secara acak atau cuma sekali saja. Didasari perbedaan power yang mencolok. Dalam bullying pelaku benar-benar berada di atas angin dari korbanya. Diketahui perilaku bullying yang dilakukan di kalangan remaja mengenai masalah yang erat berkaitan dengan masa remaja karena masa remaja ini baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada diri remaja itu sendiri. Pengaruh tersebut dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif tergantung pada faktor-fakor yang mempengaruhinya, baik yang berasal dari dalam (intern) maupun yang berasal dari luar (ekstern). Pada masa inilah seseorang akan mengenali dan mengembangkan seluruh aspek dalam dirinya, sehingga Ia mampu menentukan sikap atas kepemilikan harga diri mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat harga diri antara pelaku bullying dan bukan pelaku bullying pada remaja. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif komparatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan terikat, dimana variabel bebas adalah harga diri dan terikat adalah pelaku bulying. Jenis data penelitian ini adalah data interval dan instrumen yang digunakan adalah skala.Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis T-test. Berdasarkan analisa data dapat diketahui bahwa ada perbedaan tingkat harga diri antara pelaku bullying dan bukan pelaku bullying dengan taraf signifikansi 0,002 (p< 0,05). Berdasarkan nilai tersebut, maka hipotesis penelitian diterima yang artinya ada perbedaan tingkat harga diri yang signifikan antara pelaku bullying dan bukan pelaku bullying dimana tingkat harga diri pelaku bullying lebih tinggi yaitu sebesar (x ̅ = 19,97) dari pada harga diri bukan pelaku bullying (x ̅ = 17,33).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 04:04
Last Modified: 16 May 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo