UMM Institutional Repository

Tingkat Kepercayaan Konsumen Pengguna Jasa Provider Telekomunikasi Seluler (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Putri, Pumilla Yudistira (2012) Tingkat Kepercayaan Konsumen Pengguna Jasa Provider Telekomunikasi Seluler (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pumillayud-29843-2-babi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pumillayud-29843-1-pendahul-n.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Djudiyah, M.Si. (2) Zakarija Achmad, S.Psi., M.Si. Di Indonesia terdapat berbagai macam provider yaitu Telkomsel, Indosat, Excelcomindo, Axis, Three, Smartfren dan Flexi. Dengan banyaknya operator yang bermunculan menyebabkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antar operator seluler dalam menarik konsumen supaya tertarik untuk menggunakan produknya. Aktivitas kompetitif yang dilakukan oleh perusahaan biasanya adalah menetapkan harga secara agresif untuk menghadapi persaingan dengan menurunkan harga yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk. Keberadaan pesaing berpotensi menciptakan value. Tak ada pesaing maka tak ada customer value. Pelaku bisnis telekomunikasi berupaya memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan. Salah satu langkah yang mereka ambil adalah dengan menurunkan tarif yang kemudian berkembang menjadi fenomena perang tarif antar operator. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen terhadap pengguna jasa provider telekomunikasi seluler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Jasa Provider Telekomunikasi Seluler di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang yang berjumlah 1224 mahasiswa dengan sampel berjumlah 100 orang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan mengunakan teknik quota sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala tingkat kepercayaan konsumen dengan model Likert. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu Z score. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada 40 orang atau 40% yang memiliki tingkat kepercayaan sedang terhadap provider, ada 36 orang atau 36% yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi terhadap provider, dan ada 24 orang atau 24% yang memiliki tingkat kepercayaan rendah terhadap provider. Jadi, tingkat kepercayaan konsumen terhadap provider dalam taraf sedang. Kepercayaan mempunyai 3 aspek diantaranya kepercayaan objek, kepercayaan atribut, dan kepercayaan manfaat. Jika dilihat dari aspek kepercayaan objek terdapat 4 sub aspek yang paling mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen yaitu yang pertama orientation dengan tinggi bobot 28,84%, sub aspek kedua yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen adalah intimacy dengan tinggi bobot 28,09%, sub aspek ketiga yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen adalah credibility dengan tinggi bobot 22,18%, dan sub aspek terakhir keempat yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen adalah reliability dengan tinggi bobot 20,89%. Jika dilihat dari tiap aspek yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen dapat diperoleh hasil tingkat kepercayaan konsumen tertinggi dipengaruhi oleh kepercayaan atribut dengan tinggi bobot 35,79%, dan kemudian yang kedua dipengaruhi oleh kepercayaan objek dengan tinggi bobot 35,14%, dan yang terakhir dipengaruhi oleh kepercayaan manfaat dengan tinggi bobot 29,07%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 04:02
Last Modified: 16 May 2016 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30123

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo