UMM Institutional Repository

"PANDANGAN MASYARAKAT KOTA MALANG TENTANG SIM KELILING" (Studi Pada Rpm Honda Sukun, Giant Mall Sawojajar, Alun-Alun Kota Malang, Universitas Islam Malang Dan Adi Putro Polowijen)

FARIZ, YASHUL NISFUL (2012) "PANDANGAN MASYARAKAT KOTA MALANG TENTANG SIM KELILING" (Studi Pada Rpm Honda Sukun, Giant Mall Sawojajar, Alun-Alun Kota Malang, Universitas Islam Malang Dan Adi Putro Polowijen). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yashulnisf-29845-2-babi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yashulnisf-29845-1-pendahul-n.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan organisasi pemerintahan yang salah satu fungsinya adalah sebagai pelindung dan pengayom masyarakat Indonesia. Polisi Lalu Lintas adalah unsur pelaksana yang bertugas menyelenggarakan tugas kepolisian mencakup penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi/kendaraan bermotor, penyelidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum dalam bidang lalu lintas, guna memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Polresta Malang melalui unit Satuan Lalu Lintas mempunyai program SIM Keliling. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna SIM A dan SIM C dalam rangka perpanjangan masa berlaku, Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polantas. Berdasarkan fenomena di atas, maka peneliti tertarik untuk mengkaji tentang "Pandangan Masyarakat Kota Malang Tentang Sim Keliling" (Studi Pada RPM Honda Sukun, Giant Mall Sawojajar, Alun-alun Kota Malang, Universitas Islam Malang dan Adi Putro Polowijen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat kota malang tentang Sim Keliling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan informan yang diambil menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisis permasalahan adalah teori aksi (action theory) dari Talcolt Parson. Program Sim Keliling sangat membantu masyarakat dalam memperpanjang Simnya, dari lima kecamatan yang berada di kota malang, Masyarakat berpendapat bahwa program Sim Keliling ini sangat bagus dan membantu masyarakat dalam proses perpanjangan Sim dan masyarakat bisa lebih dekat dengan polisi khususnya polisi lalu lintas yang berada di kota malang. Polres kota malang melalui Unit Sat Lantas, telah memberikan pelayanan SIM Keliling dengan kinerja yang baik, hal ini juga didukung oleh kualitas SDM yang berkompeten dibidangnya. Aspek kecepatan dalam melayani masyarakat sangat diutamakan mengingat layanan ini diberikan justru untuk memberikan pelayanan yang cepat dalam hal waktu. Karena dahulu pelayanan SIM dianggap memakan waktu yang lama. Indikator yang baik petugas polisi lalu lintas yang menangani Sim yaitu mengutamakan kepuasan masyarakat dan petugas Sim Keliling yang professional dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:59
Last Modified: 15 Mar 2018 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo