UMM Institutional Repository

MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK ADHD (Attention Deficiet Hiperactive Disorder)

NASUTION, SAMSUL BAHRI (2012) MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK ADHD (Attention Deficiet Hiperactive Disorder). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulbahr-29846-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulbahr-29846-1-pendahul-n.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si (2) M Salis Yuniardi, M. Psi Orang tua dan anak terdapat hubungan yang erat. Anak ADHD adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan fisik atau psikologis sehingga mengalami gangguan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial karena konsentrasi yang mudah terganggu. Orang tua yang melahirkan anak dan dinyatakan memiliki kebutuhan khusus Attention deficit hiperactive disorder (ADHD) akan mengalami kesulitan komunikasi dengan anak, karena anak ADHD memiliki ciri rentang perhatian yang terbatas dan bergerak yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model komunikasi orang tua dengan anak ADHD. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang yang dinyatakan menjadi orang tua dari anak ADHD dan sekarang terlibat langsung dalam pengasuhan dan pendidikan anak. teknik yang digunakan untuk pemilihan subjek adalah kasus khusus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara (interview) dan observasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model komunikasi yang digunakan oleh kedua subjek adalah model transaksional. Sebab, berdasarkan temuan dilapangan ketiga subjek penelitian melakukan berbagai cara untuk mentransformasikan informasi kepada anak, bahkan melalui hubungan kedekatan batin. Artinya, pemahaman dan pengetahuan orang tua terhadap kekhususan anak berpengaruh dalam mendidik dan merespon tingkah pola anak yang tantrum dan hiperaktif. Faktor penghambat utama orang tua dalam berkomunikasi dengan anak ADHD adalah komunikasi dua arah yang tidak di dapat dari anak dan mudahnya perhatian anak terganggu. Akan tetapi diketahui faktor pendukung utama orang tua dalam komunikasi dengan anak ADHD adalah keluarga yang ada disekitar anak, terutama adanya pemahaman bersama dalam membesarkan dan mendidik antara ayah dan ibu anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:57
Last Modified: 16 May 2016 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo