UMM Institutional Repository

INTENSI MENGIKUTI TAHLILAN DI MASYARAKAT RT.01/RW.01 DUSUN KRAJAN DESA GONDANGLEGI WETAN KAB. MALANG

SAPUTRO, AGUNG ZAINUN (2012) INTENSI MENGIKUTI TAHLILAN DI MASYARAKAT RT.01/RW.01 DUSUN KRAJAN DESA GONDANGLEGI WETAN KAB. MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungzainu-29847-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungzainu-29847-1-pendahul-n.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Rt.01/Rt.01 Dusun Krajan Desa Gondanglegi Wetan Kab. Malang merupakan bukti masyarakat Indonesia dengan keragaman budaya dan agama yang yang ada, dimana keragaman budaya dan agama tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satu produk dari budaya dan agama yang saling mempengaruhi adalah Tahlilan, Tahlilan di daerah ini tetap lestari hingga kini karena adanya keyakinan tertentu yang menuju terhadap sikap tertentu. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah intensi masyarakat daerah ini mengikuti dan menjalankan Tahlilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subyek penelitiannya adalah JamaÂ’ah Tahlilan Assyamsuri Jalan Hayam Wuruk 1 desa Gondanglegi Wetan kecamatan Gondanglegi berjumlah 7 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengambilan data ialah dengan menggunakan wawancara semi terstruktur kemudian teknik untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, yang melalui ketua Rukun Tetangga, Imam Tahlil jamaÂ’ah laki-laki dan pendiri acara Tahlilan di Masyarakat Rt.01/Rt.01 Dusun Krajan Desa Gondanglegi Wetan Kab. Malang. Dari hasil penelitian diperoleh keyakinan tentang perilaku & evaluasi tentang hasilnya yang dimana Tahlilan merupakan merupakan budaya peribadatan Hindu yang telah diislamkan dan merupakan tradisi turun temurun dari zaman dahulu dan Tahlilan merupakan sarana untuk mengirim doa. Kemudian mereka meyakini bahwa berdoa bersama didalam Tahlilan maka doa lebih mustajab dibandingkan berdoa sendirian. Dan dengan Tahlilan teman, saudara, bahkan informasi barupun akan didapat. Serta mereka meyakini bahwa masyarakat yang tidak mengikuti Tahlilan akan mendapatkan stigma negatif dan sanksi sosial. Dari keyakinan dan evaluasi ini yang mendasari munculnya sikap positif. Keyakinan normatif dan motivasi untuk mematuhi juga ditemukan dalam penelitian ini, yang berisi para subyek yakin para masyarakat disekitarnya menginginkan mereka untuk hadir dalam acara Tahlilan tersebut yang mana hal ini akan mendasari munculnya persepsi untuk norma-norma subyektif. Disamping itu, keyakinan mereka bahwa melakukan Tahlilan itu meski ada kesulitan sedikit dari faktor ekonomi dan beberapa permasalahan non teknis seperti kerepotan setelah penyelenggaraan Tahlilan tetapi hal ini dapat teratasi dengan gotong royong para warga. Sehingga dari sikap positif yang hadir bersama persepsi norma subyektif masyarakat dan kontrol akan perilaku tersebut maka akan memunculkan niat untuk mengikuti dan melaksanakan Tahlilan yang direalisasikan dengan menghadiri Tahlilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:55
Last Modified: 16 May 2016 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo